Wednesday, February 04, 2009

Ekonomi : Pengangguran di AS tertinggi 16 tahun

Tingkat rata-rata pengangguran di AS diperkirakan meningkat selama Januari ke level tertinggi dalam 16 tahun dengan merosot penjualan yang memaksa pengusaha mengurangi jumlah pekerja berdasarkan data proyeksi ekonom pekan ini.

Berdasarkan survey Bloomberg, jumlah pengangguran meningkat hingga 7,5% dan sistem pengajian menurun sebanyak 530.000 yang menduduki peringkat ketiga belas urutan penurunan. Laporan lainnya menunjukkan sektor manufaktur, jasa dan perumahan mengalami kemerosotan paling depan.

Melambatnya permintaan dan kredit macet yang menyebabkan perusahaan-perusahaan dari Caterpillar� hingga General Motors memangkas jam kerja dan produksinya karena khawatir produknya tidak laku.

Permasalahan tersebut semakin menjadi setelah terjadinya kontraksi ekonomi dengan fase tercepat dalam 26 tahun terakhir pada kuartal lalu. Hal itu mendorong Presiden Obama untuk memberikan paket stimulus.

“Pasar tenaga kerja akan terlihat buruk untuk sementara,” ujar Profesor Bidang Ekonomi dan Keuangan Universitas Channel Island, California, Sung Won Sohn.

Menurutnya, momentum penurunan ini tidak berarti akan berujung pada kehancuran. Untuk itu dibutuhkan kebijakan yang tepat untuk mengatasinya dengan cepat.

Laporan pekan ini menunjukkan bahwa sektor manufaktur melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sebesar 143.000 atau berkurang dari bulan sebelumnya yang mencapai 149.000. PHK Desember tersebut merupakan yang terbesar sejak 2001 berdasarkan survei Bloomberg. (16)

Sumber : http://web.bisnis.com/keuangan/ekonomi-internasional/1id100769.html

5 komentar:

TradingBoss said...

Benar pak , Industry permotoran Amerika juga jatuh teruk sehingga 40% terutama nya GM motor

waduh pak ini akan effect kita cuma masa saja

jerova said...

bener sekali tuh pak...nice posteriova@yahoo.com

MARKET VALUE said...

Hola. gracias, y la publicación de sus puntos de vista muy interesante. Que este día sea muy feliz y sonriente para http://pangaloan.blogspot.com/

WoeL said...

ayo gabung di http://www.uanggratis.net/?id=weedee

gratis lho

@ Coy said...

wah gimana ya effectnya ke kita apakah bakal parah ya?..