Tuesday, February 03, 2009

Ekonomi : Menkeu yakin Penurunan harga akan terus berlanjut

Harga barang-barang sudah turun yang tercermin dari deflasi selama Desember 2008 dan Januari 2009. Menkeu Sri Mulyani yakin, penurunan harga akan terus berlanjut pada Februari ini, sehingga inflasi tetap dijaga pada satu digit.

Keyakinan itu didasarkan pada stabilitas harga beras setelah sebelumnya ada kenaikan Harga Pembelian Pemerintah (HPP). Selain itu, pemerintah juga akan terus mengupayakan stabilitas harga minyak goreng.

Selain itu, pemerintah juga akan menambahkan pemberian beras untuk rakyat miskin (raskin) untuk 18,5 juta rumah tangga sasaran (RTS), meski BPS menyatakan yang seharusnya menerima raskin hanya 17,5 juta atau berarti ada tambahan ekstra 1 juta RTS.

"Itu semua kalau dikombinasikan, pada Februari kedepan kita masih mungkin mengharapkan ada tren penurunan harga masih akan berlangsung," ujar Sri Mulyani di kantor presiden, Jakarta, Senin (2/2/2009).

Terkait deflasi 0,07% pada Januari 2009, Sri Mulyani mengatakan bahwa hal itu sangat positif karena sebelumnya terjadi peningkatan permintaan dengan adanya natal, tahun baru, tahun baru Islam dan tahun baru China.

"Ini menimbulkan tekanan permintaan yang sangat tinggi. Namun dengan adanya pengumuman harga BBM yang turun, kita melihat komoditas mengalami penurunan cukup banyak sejak penurunan harga BBM pada 15 Januari lalu. Daging ayam, minyak goreng, cabai, bawang, tempe dan penurunan tarif angkutan telah menyebabkan konstribusi positif terhadap penurunan harga dalam negeri," urainya.

Padahal, lanjut Sri Mulyani, pada Januari 2007 terjadi inflasi hampir 2%. Sementara untuk inflasi di 2009, Sri Mulyani meyakini bisa terus turun hingga pertengahan tahun.

"Sampai dengan pertengahan tahun ini diperkirakan masih terus menurun mendekati angka yang kita proyeksikan antara 5-6 persen, akan dicapai Agustus dimana siklus kenaikan harga BBM pada bulan Mei sudah terlewati," pungkasnya

Sumber : http://www.detikfinance.com

1 komentar:

mahendra said...

kabar bagus tuh, walau lambat tapi gak apa2lah asal bisa turun...