Tuesday, February 17, 2009

Tips : 6 Langkah Membasmi Virus Penyerang Yahoo Messenger


Pada saat kita online menggunakan yahoo messengger kadang kita mendapat pesan yang aneh dari temen ym kita, dan itu ada merupakan virus, virus itu ada berupa link dan juga ada hanya tulisan aja, dan menggunakan bahasa yang aneh, nah ini dia ada beberapa tips untuk membasmi virus tersebut :

1. Disable 'System Restore' selama proses pembersihan.
2. Disable autorun Windows, agar virus tidak dapat aktif secara otomatis saat akses ke drive /flash disk.

* Klik tombol 'start'
* Klik 'run'
* Ketik 'GPEDIT.MSC', tanpa tanda kutip. Kemudian akan muncul layar 'Group Policy'
* Pada menu 'Computer Configuration dan User Configuration', klik 'Administrative templates'
* Klik 'System'
* Klik kanan pada 'Turn On Autoplay', pilih 'Properties'. Kemudian akan muncul layar 'Tun on Autoplay propeties'
* Pada tabulasi 'Setting', pilih 'Enabled'
* Pada kolom 'Tun off Autoplay on' pilih 'All drives'
* Klik 'Ok'


3. Matikan proses virus, gunakan tools 'security task manager' kemudian hapus file [sysmgr.exe, vshost.exe, winservices.exe, *.tmp]

Sekadar catatan, .tmp menunjukan file yang mempunyai ekstensi TMP [contoh: 5755.tmp]. Klik kanan pada file tersebut dan pilih 'Remove', lalu pilih opsi 'Move File to Quarantine'.

4. Repair registry yang sudah diubah oleh virus. Untuk mempercepat proses penghapusan silahkan salin script dibawah ini pada program notepad kemudian simpan dengan nama repair.inf. Jalankan file tersebut dengan cara: Klik kanan repair.inf, lalu pilih instal.

[Version]
Signature="$Chicago$"
Provider=Vaksincom Oyee


[DefaultInstall]
AddReg=UnhookRegKey
DelReg=del


[UnhookRegKey]

HKLM, Software\CLASSES\batfile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
HKLM, Software\CLASSES\comfile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
HKLM, Software\CLASSES\exefile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
HKLM, Software\CLASSES\piffile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
HKLM, Software\CLASSES\regfile\shell\open\command,,,"regedit.exe "%1""
HKLM, Software\CLASSES\scrfile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon, Shell,0, "Explorer.exe"
HKCU, SessionInformation, ProgramCount, 0x00010001,3
HKCU, AppEvents\Schemes\Apps\Explorer\BlockedPopup\.current,,,"C:\WINDOWS\media\Windows XP Pop-up Blocked.wav"
HKCU, AppEvents\Schemes\Apps\Explorer\EmptyRecycleBin\.Current,,,"C:\Windows\media\Windows XP Recycle.wav"
HKCU, AppEvents\Schemes\Apps\Explorer\Navigating\.Current,,,"C:\Windows\media\Windows XP Start.wav"
HKCU, AppEvents\Schemes\Apps\Explorer\SecurityBand\.current,,,"C:\WINDOWS\media\Windows XP Information Bar.wav"

[del]

HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, Microsoft(R) System Manager
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, bMaxUserPortWindows Service help
HKLM, SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Tcpip\Parameters, MaxUserPort

5. Hapus file virus berikut:
C:\vshost.exe [all drive]

C:\autorun.inf [all drive]

C:\RECYCLER\S-1-5-21-9949614401-9544371273-983011715-7040\winservices.exe

C:\Documents and Settings\%user%\Local Settings\Temp

A415.tmp [acak]

034.exe [acak]

Lady_Eats_Her_Shit--www.youtube.com

C:\WINDOWS\system32\sysmgr.exe

C:\WINDOWS\TEMP\5755.tmp

C:\windows\system32\crypts.dll

C:\windows\system32\msvcrt2.dll

6. Untuk pembersihan optimal dan mencegah infeksi ulang silahkan gunakan antivirus yang dapat mendeteksi dan membasmi virus ini up to date. Anda juga dapat download tools Norman Malware Cleaner di http://download.norman.no/public/Norman_Malware_Cleaner.exe

Sumber : www.detikinet.com/
Sumber gambar : http://3.bp.blogspot.com/_GgxzhdX97M4/R1306MjHeHI/AAAAAAAABkE/rZMrHe0i5kM/s400/virus1.jpg


Read More......

Olahraga : Kaka best Brazilian player in Europe in 2008.




At an meeting in the heart of AC Milan's training centre, with an available, simple and top class player. We are pleased to announce that the inaugural Samba Gold trophy has been delivered in person to the winner Kaká, along with the title of the best Brazilian player in Europe in 2008.

In a few words, Kaká evokes joy to open the record of our Samba d'Or, the importance of religion in his life, his desire to be present at the next World Cup in 2010 in order to win another world title.

- What do you think of Samba Gold?
- The idea is very good for relations between Brazil and Europe. It is a mix between the joy of Brazilian football and the side tactics, technique and discipline of European football. The fact that this award comes from a famous artist, famous, in fact, a significant price. I am very happy to have won for its first year. It is a great honor.

- The voters have entrusted with you to the be the perfect example of a Brazilian in Europe...
- Brazilian football is today an example. The whole world follows football, the sport is seen across the globe. People love football, players have a responsibility to be a great example, to pass good values, thats what I try to do on the ground and through football.

- You often put forward your religion ...
- I am evangelical. I grew up with that, my parents taught me these values. Thereafter, I learned everything that can transmit to people through Biblical values, the values of Jesus. To me it is a great joy and pride to show what God has done in my life. I hope in the lives of everyone, I can also do in the lives of others.

- How do you see the 2010 World Cup?
- Brazil play to win. All competitions that we play in, it is always to win. At the next World Cup it will be the same, there will be waiting even though it will be complicated. We must break that Brazil being, I too would do everything to try to be
present to pick up a new world title.

Sumber : en.sambafoot.com



Read More......

Olahraga : Sepuluh Fakta Menarik Tentang Samuel Eto'o


Samuel Eto'o Fils (lahir 10 Maret 1981 di Nkon, Kamerun) adalah penyerang sepak bola Kamerun yang bertinggi tubuh 179 cm dan bermain di FC Barcelona.Dia dinobatkan oleh Fédération Internationale de Football Association sebagai pemain terbaik ke-3 dunia tahun 2005 dibawah Ronaldinho dan Frank Lampard. Ia juga menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam sejarah sejak Piala Afrika pertama kali digelar dengan 16 gol dan juga menjadi pemain Afrika dengan penampilan terbanyak di La Liga. Ia juga adalah mantan pemain terbaik Afrika 3 kali berturut-turut dari tahun 2003 sampai tahun 2005.

Samuel Eto'o adalah bakat luar biasa yang dilahirkan Kamerun. Seperti semua calon legenda, Samuel menyita perhatian publik sepakbola Kamerun dan Afrika sejak masin anak-anak. Berikut fakta menarik tentang Samuel Eto'o.

10. Samuel bergabung dengan Real Madrid tahun 1997 pada usia 16 tahun. Di sini, ia hanya berlatih dan bermain di Real Madrid B. Ketika klub junior itu terdegradasi ke Divisi II, Eto'o harus pergi karena tidak ada tempat bagi pemain non-Uni Eropa. Ia dipinjamkan ke Leganes, klub Divisi II, pada musim 1997/1998.

9. Usai dua musim di Leganes, Samuel kembali ke Madrid tapi tidak mendapat tempat di tim inti Los Blancos. Kabar yang beredar saat itu menyebutkan Samuel tidak pantas mengenakan kostum Real Madrid, karena tidak ganteng. Perez pula yang memutuskan meminjamkannya ke Real Mallorca.

8. Di Mallorca, Samuel membangun dirinya. Ia menyita perhatian banyak klub. Mallorca membelinya dengan harga £4.4 juta, tertinggi di Mallorca sampai saat ini. Ia menjadi pujaan fans The Islanders karena dua hal; kemampuan dan sifat sosialnya. Samuel mendonasikan €30,000 untuk membeli makanan bagi fans Mallorca yang melakukan perjalanan ke kandang Recreativo Huelva, untuk menyaksikan final Copa del Rey. Mallorca menang 3-0, dengan Samuel mencetak dua gol di menit-menit akhir.

7. Ia menjadi top scorer La Liga, dan mengoleksi 54 gol untuk Mallorca. Barcelona tertarik membelinya dengan harga €24 juta, lima kali lipat lebih dari harga yang dikeluarkan Mallorca untuk memboyongnya dari Madrid. Di Madrid, Florentino Perez menyesali keputusannya, dan bermaksud memboyong kembali Samuel. Mallorca terlanjur telah meneken kesepakatan. Tambahan pula, Madrid telah memenuhi kuota tiga pemain non-Uni Eropa.

6. Jauh sebelum Samuel Eto'o membangun reputasinya sebagai pemain profesional, timnas Kamerun telah melihat bakat luar biasanya sedini mungkin. Samuel masuk timnas Kamerun pada usia 14 tahun, dan tampil melawan Kosta Rika pada 9 Maret 1996. Tahun 1998, Eto'o menjadi pemain termuda di Piala Dunia. Ia bermain ketika Kamerun dikalahkan Italia 3-0, saat itu usianya 17 tahun lebih tiga bulan. Empat tahun kemudian Samuel mecetak gol pertamanya di Piala Dunia 2002, ketika Kamerun mengalahkan Arab Saudi.

5. Ia adalah bagian timnas Kamerun yang memenangkan Piala Afrika 2000 dan 2002, dan peraih medali emas Olimpiade 2000. Ia mendepak Brasil dari Piala Konfedeeasi 2003 lewat gol tunggalnya. Tapi tiga tahun kemudian menjadi bencana kegagalan Kamerun di Piala Afrika, karena gagal mengeksekusi penalti. Ia kini menjadi leading scorer Piala Afrika dengan 16 gol. Untuk semua sukses di dalam dan di luar Afrika, Samuel tiga kali meraih penghargaan Pemain Terbaik Afrika.

4. Di Barcelona, Eto'o memberi kontribusi luar biasa bagi sukses Barcelona meraih gelar 2004/2005. Ia juga mengobati kerinduan fans El Barca akan munculnya top scorer dari Barcelona, dengan mencetak 26 gol untuk mengungguli David Villa. Di Liga Champions, Eto'o juga berperan besar ketika El Barca mengalahkan Arsenal di Paris.

3. Fans dan semua pelatih mengenalnya sebagai pemain paling berbakat dari Afrika saat ini, tapi wartawan mengidentifikasinya sebagai figur paling kasar. Ia pernah mengancam akan membunuh reporter televisi. Menanduk seorang wartawan saat konferensi pers. Memaki Real Madrid saat perayaan kemenangan Barcelona, dan lainnya.

2. Bersamaan dengan semua sukses yang diraihnya, sentimen rasis menggejala di Spanyol. Ia kerap menjadi sasaran pelecehan fans klub-klub tertentu. Bahkan Samuel Eto'o sempat meninggalkan lapangan ketika fans Zaragoza mencemoohnya dengan nyanyian rasis. Ia juga merasa perlu merasa perlu mengungsikan istri dan ketiga anaknya ke Paris, karena Spanyol tidak bersahabat lagi dengan warga kulit hitam. Padahal, Samuel Eto'o telah menjadi warga negara Spanyol.

1. Bersama pemain kulit hitam lainnya, Samuel Eto'o melawan rasisme di sepakbola Spanyol dan Eropa. Thierry Henry terlibat di dalamnya. Peserta aktif lainnya adalah Marco Zoro, pemain SL Benfica.

Sumber : Goal.com, id.wikipedia.org
Sumber gambar : http://goonersworld.files.wordpress.com/2008/06/samuel-etoo.jpg



Read More......

Ekonomi : Tahun 2009 tarif telepon indonesia termurah se - Asia


Pertama kali muncul yang namanya HP tentu sangat berhubungan dengan yang namanya pulsa... :D,dimana harga nya mahal, sehingga pada tahun 2005 indonesia dapat predikat termahal, tetapi pada tahun 2009 predikat itu berubah menjadi termurah di Asia. Saat ini tarif seluler per menitnya rata-rata 0,015 dollar AS atau sekitar Rp 180 per menit.

"Tahun 2005, tarif seluler 0,15 dollar per menit, sekarang rata-rata tarif seluler Indonesia termurah sebesar 0,015 dollar AS. Itu belum yang tarif gratisan," kata Menteri Komunikasi dan Informasi M Nuh di Depkominfo Jakarta, Senin (16/2).

Nuh mengatakan, pemberlakuan tarif ini harus dibarengi dengan kualitas layanan dari operator, tidak hanya sekadar mencari keuntungan dari pelanggan sehingga pengguna tidak tertipu oleh promosi operator agar menggunakan layanan mereka. Untuk itu, tahun 2009, Depkominfo akan menekankan pengembangan kualitas dari infrastruktur yang ada.

Namun, untuk mencapainya perlu diimbangi dengan ketersediaan jangkauan layanan dan keterjangkauan masyarakat terhadap tarif murah tersebut. "Ujungnya, tidak lain untuk kepuasan para pengguna," tambah Nuh.

Selain itu, Nuh juga menyebut program customize services. Program ini akan menjadi prioritas selanjutnya pada tahun 2010. Tujuannya agar para operator bisa memberikan layanan yang lebih spesifik untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang berbeda-beda. "Puncaknya akan terwujud socio transformation, di mana Indonesia memiliki rumah telekomunikasi yang mampu melayani kebutuhan komunikasi di Indonesia," jelas Nuh.

Sumber : bisniskeuangan.kompas.com
Sumber gambar : http://www.g2glive.com/img_big.php?id=4029&iid=7389

Read More......

Monday, February 16, 2009

Tips : Awet Berteman


Zaman sekarang teman sejati masih ada nggak ya? Jika kamu belum pernah menemukan teman yang sangat kamu sukai, awalilah dengan menjadi seorang bisa disukai teman-temanmu. Kita intip dulu tips berikut ini:

1. Jadilah pendengar yang baik buat teman-temanmu.
Jangan pernah sekalipun kamu bersikap menggurui. Memberi nasihat boleh-boleh aja, tapi jangan melakukannya dengan cepat. Pelahan-lahan namun pastikan temanmu itu mendengarkannya.

2. Setiap orang memiliki pribadi yang unik dan khas.
Cobalah mengerti bagaimana karakter temanmu. Hormatilah pendapatnya. Walau kadang kalian bisa saling berbeda pendapat dan keyakinan, namun pasti ada jalan tengah yang bisa ditempuh asal jangan tergesa-gesa memutuskannya.

3. Peliharalah kepercayaan yang telah diberikan oleh teman dekatmu itu.
Jangan pernah sekali-kali kamu mengobral rahasia temanmu pada orang lain. Saling jaga rahasia, anggap saja antara kalian ada sebuah permainan yang hanya bisa dimainkan oleh kamu dan temanmu.

4. Berilah dukungan dan pujilah temanmu, kesampingkan kesalahannya dan kelemahannya.

5. Jangan pernah merasa iri kepada temanmu.
Kebahagiaannya adalah bahagia milikmu juga. Ikut berbahagialan atas keberhasilan temanmu.

6. Dekat bukan berarti harus tergantung satu sama lain.
Berikan pertolongan secukupnya. Jagalah 'jarak' yang wajar. Mundurlah sedikit bila kita merasa pertemanan sudah terlampau dekat. Sebaliknya, mendekatlah kala kita merasa pertemanan sudah semakin renggang.

7. Sisihkan waktu untuk melakukan kegiatan refresing bersama.
Kembangkan sikap toleransi, fleksibelitas, asertive, empati dan belajar saling memahami.

8. Jangan pernah ragu untuk minta maaf pada temanmu saat kamu melakukan sebuah kesalahan padanya.
Setelah itu berusahalah perbaiki kesalahanmu. Begitu pula sebaliknya, berikan maaf dan lupakan kesalahannya jika ia bersalah.

Sumber : detikhot.com

Read More......

Sunday, February 15, 2009

Kesehatan : Light 'could detect Parkinson's'


A light as bright as a million-watt bulb could help identify early signs of Parkinson's disease, British researchers have said.

The Keele University team told a conference that a "super-microscope" could spot changes in brain cells before the disease destroyed them.

Keele's Dr Joanna Collingwood said that the technique was "pioneering".

She told the American Association for the Advancement of Science patients could be treated sooner as a result.

'Early diagnosis'

Dr Collingwood said the team had been using a synchrotron - or Diamond Light Source (DLS) - at Harwell, Oxfordshire.

The device is a large doughnut-shaped particle accelerator, the size of five football pitches, which fires particles at just below the speed of light, focusing them into a beam less than a single cell in diameter.

It allows researchers to to observe iron levels in individual brain cells, which are affected by Parkinson's.

Dr Collingwood told the AAAS conference in Chicago: "We have been able to investigate human tissue with such precision that metal ions, particularly iron levels, in and around individual cells can be mapped.

"The technique is pioneering in that it does not change the distribution or form of the metals in the tissue being studied."

She said she hoped that the team's work could help doctors detect early signs of Parkinson's using MRI.

"Early diagnosis is key because we know that by the time a typical individual presents with the symptoms of the disease, chemical changes have already caused significant cell death of vulnerable motor neurones," she added.

Source : news.bbc.co.uk

Read More......

IT : Maksimalkan Fungsi Ponsel Sebagai Mesin Download

Ramainya layanan wireless internet broadband yang ditawarkan para operator seluler semakin memancing penggunaan ponsel sebagai modem PC.

Ada 'dua nyawa' yang terhimpun dalam sebuah ponsel kebanyakan. Satu berfungsi sebagai alat komunikasi suara, lainnya berfungsi sebagai alat komunikasi data (modem).

Sejak hadirnya teknologi generasi ke-dua (2G-GPRS/General Packet Radio Service) tidak sedikit pengguna yang memanfaatkan ponsel sebagai alat komunikasi data, khususnya internet. Tetapi kebanyakan dari pengguna 'baru berani' berselancar via ponsel. Alasannya masuk akal, karena jika ponsel digunakan sebagai modem pada PC/notebook, pengguna bisa terseret pada biaya yang mahal. Pasalnya, tarif dihitung per kilobyte data yang ditransfer.

Untuk akses GPRS, operator seluler di Indonesia menerapkan tarif yang beragam. Ada yang menerapkan Rp0,7/kb, Rp1/kb, Rp10/kb hingga Rp15/kb. Dengan layar yang besar pada PC/notebook bisa dihitung berapa besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk membuka sebuah laman situs. Tak terasa kantong bisa jebol! Lain ceritanya jika kita berselancar langsung dengan ponsel. Karena layar pada ponsel kecil, otomatis data yang ditransfer berikut biaya akses yang dikeluarkan pun akan kecil.

Di samping lambat, akses internet via ponsel (GPRS) juga menampilkan display yang kurang menarik. Jarang ada Flash Player, GIF ataupun animasi lainnya yang semestinya ada. Pasalnya tampilan internet sudah diadaptasi untuk layar ponsel (phone friendly). Jadi, tetap dibutuhkan sebuah layanan akses internet yang cepat, murah dan mobile dengan menggunakan PC/notebook.

Para operator telepon seluler kemudian ramai-ramai menjawab kebutuhan itu dengan menawarkan layanan wireless internet broadband. Tawaran tersebut memungkinkan konsumen memilih layanan internet sesuai kebutuhan. Bisa berdasarkan volume pemakaian (volume based), waktu (time based), ataupun internet tanpa batas (unlimited). Sistem pembayarannya pun beragam. Ada yang pra bayar ada pula yang pasca bayar. Mirip dengan penggunaan pulsa ponsel biasa.

Soal harga, kita bisa mengambil contoh beberapa layanan wireless internet broadband yang ditawarakan operator seluler. Sebut saja Telkomsel. Melalui layanan yang disebut Telkomsel Flash, kita bisa download musik, video, data dan lainnya sampai puas di dunia maya hanya dengan Rp125 ribu/bulan.

Demikian pula dengan PT Indosat Mega Media (IM2). Melalui layanan IM2 Broom Unlimited, kita hanya perlu merogoh kocek Rp100 ribu/bulan untuk menikmati layanan internet sampai puas. Itu belum termasuk pilihan layanan wireless internet broadband yang ditawarkan operator lain seperi XL, Indosat dan sebagainya yang juga menawarkan biaya akses kompetitif.

Tak ayal tawaran layanan operator seluler itu menggiurkan para pengguna ponsel. Khususnya mereka yang memiliki ponsel 3G (UMTS) dan 3,5G (HSDPA). Pasalnya, ponsel tersebut bisa dimaksimalkan fungsinya sebagai modem broadband pada PC/notebook. Di samping lebih praktis karena sama-sama menggunakan kartu SIM, penggunaan ponsel 3G/3,5G sebagai modem juga bisa menekan pengeluaran karena pengguna tidak harus membeli modem reguler. Apalagi hingga kini harga perangkat modem broadband reguler masih belum terlalu bersahabat dengan kantong.

Memanfaatkan ponsel sebagai modem PC/notebook sangatlah mudah. Kita hanya perlu mencolokkan kabel data ponsel lalu install driver pada PC/notebook. Selanjutnya untuk tersambung ke dunia maya, kita tinggal melakukan setting pada browser yang akan digunakan. Misalnya Internet Explorer, Mozilla Firefox dan Opera. Di sana kita harus melengkapi isian APN (access point name), User name dan Password. Ketiga data itu bisa diperoleh dari operator penyedia layanan tempat Anda terdaftar.

Multi-user
Salah satu keuntungan menggunakan internet broadband adalah karena kecepatannya yang jauh mengungguli internet GPRS. Oleh karena itu, kita bisa melakukan sharing resources dalam sebuah jaringan lokal. Artinya, dengan menggunakan sebuah ponsel dan sebuah layanan broadband kita bisa berbagi layanan internet dengan teman atau keluarga dalam satu rumah. Satu komputer berperan sebagai admin dan sisanya sebagai client.

Sharing internet broadband itu tentu saja memerlukan alat tambahan semacam router/link yang berfungsi membagi resources. Caranya, ponsel dihubungkan sebagai modem pada salah satu PC seperti biasa, kemudian router/link tersebut akan membagi resources kepada komputer lain. Dengan demikian, layanan internet bisa dinikmati bersama-sama.

Layanan internet broadband sebetulnya tidak hanya bisa dinikmati para pemilik ponsel 3G/3,5G tetapi juga oleh hampir oleh semua pemilik ponsel yang bisa digunakan sebagi modem. Tentunya dengan kecepatan akses yang lebih rendah (EDGE/GPRS).

Semoga saja kehadiran layanan wireless broadband internet yang ditawarkan para operator seluler makin memudahkan akses internet hingga ke pelosok-pelosok tanah air.

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/

Read More......

Lain - Lain : Kacamata dan Sandal Gandhi Dilelang



Kacamata tokoh India Mahatma Gandhi akan dilelang di New York, AS, beserta sepasang sandal dan dompetnya, bulan depan.

Kacamata Gandhi berbentuk bulat, terlihat unik. Suatu ketika Gandi menyebut kacamata itu mampu memberinya visi kebebasan India.

Pihak pelelang menaksir benda-benda antik itu akan terjual seharga minimal 42.000 dollar AS (sekitar Rp 474 juta).

Gandhi adalah tokoh penuh inspirasi. Maka diperkirakan lelang itu akan mendapat perhatian luas dari seluruh dunia.

Gandhi menghadiahkan kacamata yang akan dilelang itu kepada perwira Angkatan Darat India, Kolonel HA Shiri Diwan Nawabin, pada 1930-an.

"Gandhi memberinya kacamata dan mengatakan, 'Ini memberi saya visi kebebasan India'," kata Michelle Halpern dari Antiquorum Auctioneers di New York yang akan mengadakan lelang tersebut pada 4-5 Maret.

sumber : www.kompas.com
sumber gambar : http://farm3.static.flickr.com/2077/2185716488_b76d7cb462.jpg

Read More......

Kesehatan : Ada sesuatu di balik ciuman


Di hari valentine ini, sebuah diskusi panel digelar para ilmuwan. Cukup menarik masalah yang dibicarakan, tak jauh dari persoalan kasih sayang, yakni misteri saat hati terpaut dan bibir tertanam di bibir (ciuman).

Kata para ahli itu, aksi ciuman akan diikuti dengan pelepasan zat-zat kimia yang bisa meredam hormon stres. "Senyawa kimia di ludah bisa jadi merupakan jalan untuk menilai pasangan," kata Wendy Hill, profesor ahli Neuroscience dari Lafayette College saat acara bertajuk American Association for the Advancement of Science berlangsung.

Dalam sebuah eksperimen, Hill menjelaskan, para pasangan heteroseksual yang adalah siswa college itu mengalami perubahan kadar senyawa kimia oksitosin dan kortisolnya saat mereka melakukan adegan ciuman selama 15 menit sambil mendengarkan musik.

Oksitosin, dikatakan Hill, mempengaruhi keeratan hubungan pasangan, sementara kortisol terkait dengan stres. Senyawa kimia dalam darah dan kelenjar ludah diteliti lalu diperbandingkan saat sebelum dan sesudah ciuman berlangsung.

Baik pria maupun wanita mengalami penurunan kadar kortisol setelah ciuman, menandakan kadar stres juga menurun.

Bagi pria, saat ciuman, menaiknya level oksitosin menandai ketertarikan yang kuat atas pasangannya, sementara pada wanita oksitosinnya justru menurun. "Tentu ini mengejutkan," ujar Hill.

Dalam sebuah uji coba kelompok yang menelaah efek berpegangan tangan, perubahan kimiawi juga terjadi dalam aksi ini, tetapi tak banyak yang bisa diungkapkan atau hasilnya tak jauh beda. Eksperimen ini, kata Hill, dilakukan di pusat kesehatan siswa di college tersebut. Dia berencana akan mengulanginya dengan rancangan "dalam suasana yang lebih romantis."

Bersama dengan Helen Fisher dari Rutgers University dan Donald Lateiner dari Ohio University, Hill bicara di sesi berjudul "The Science of Kissing."

Fisher sendiri mencatat, lebih dari 90 persen masyarakat dunia melakukan ciuman. Tindakan ini diyakininya memiliki tiga komponen antara lain dorongan seks, cinta romantis, dan keterikatan dengan seseorang.

Dorongan seks mendorong seseorang untuk menilai dan menentukan pasangan masing-masing, sementara cinta romantik menyebabkan mereka memfokuskan diri pada seorang individu; dan keterikatan pada seseorang, katanya, membuat seseorang membiarkan pribadi ini dalam jangka waktu lama membesarkan anak bersama-sama.

Pria, katanya, cenderung berpikir bahwa ciuman merupakan awal nge-seks atau kopulasi. Dia tegaskan, pria cenderung lebih suka sembarang cium. Meski begitu, senyawa kimia testosteron pria dapat segera bercampur di ludah wanita. Testosteron meningkatkan dorongan seksual bagi pria dan wanita.

"Saat Anda mencium, bagian tertentu di otak aktif," tambahnya. Cinta romantik dapat berlangsung lama, "Jika Anda mencium orang yang tepat."

Lateiner, sarjana ilmu klasik, mengobservasi bahwa ciuman kadang muncul dalam seni Yunani dan Romawi, meski secara luas dilakukan di samping kegiatan mencium kulit seseorang. Karena itu, berpotensi berbahaya bagi kehidupan seseorang kalau ciuman itu dilakukan pada orang yang salah dan saat yang kurang tepat.

Secara umum, ilmu pengetahuan tentang mencium—philematology—masih terus dijalankan. Demikian simpul Hill.

Sumber : www.kompas.com
Sumber gambar : http://www.rmblitz.com/images/blitz_health/06200727062008@ciuman-web.jpg


Read More......

Happy Valentine every one...


Hari ini tanggal 14 februari 2009 dimana hari ini merupakan hari valentine atau hari kasih sayang, semua orang merayakannya bersama dengan pacarnya atau juga dengan orang yang disayanginya dengan cara saling memberikan kado berupa bunga ataupun coklat, tapi bagi saya, hari valentine tahun ini kebanyakan saya habiskan di kampus untuk pengerjaan skripsi.. :(, apa boleh buat, btw bagi temen2 yang pengen tau lagi gimana sejarah na valentine nich dia :

Perayaan Kesuburan bulan Februari

Asosiasi pertengahan bulan Februari dengan cinta dan kesuburan sudah ada sejak dahulukala. Menurut tarikh kalender Athena kuno, periode antara pertengahan Januari dengan pertengahan Februari adalah bulan Gamelion, yang dipersembahkan kepada pernikahan suci Dewa Zeus dan Hera.

Di Roma kuno, 15 Februari adalah hari raya Lupercalia, sebuah perayaan Lupercus, dewa kesuburan, yang dilambangkan setengah telanjang dan berpakaian kulit kambing. Sebagai bagian dari ritual penyucian, para pendeta Lupercus meyembahkan korban kambing kepada sang dewa dan kemudian setelah minum anggur, mereka akan lari-lari di jejalanan kota Roma sembari membawa potongan-potongan kulit domba dan menyentuh siapa pun yang mereka jumpai. Terutama wanita-wanita muda akan maju secara sukarela karena percaya bahwa dengan itu mereka akan dikarunia kesuburan dan bisa melahirkan dengan mudah.

Hari Raya Gereja

Menurut Ensiklopedi Katolik (Catholic Encyclopaedia 1908), nama Valentinus paling tidak bisa merujuk tiga martir atau santo (orang suci) yang berbeda:

* seorang pastur di Roma
* seorang uskup Interamna (modern Terni)
* seorang martir di provinsi Romawi Africa.

Koneksi antara ketiga martir ini dengan hari raya cinta romantis tidak jelas. Bahkan Paus Gelasius I, pada tahun 496, menyatakan bahwa sebenarnya tidak ada yang diketahui mengenai martir-martir ini namun hari 14 Februari ditetapkan sebagai hari raya peringatan santo Valentinus. Ada yang mengatakan bahwa Paus Gelasius I sengaja menetapkan hal ini untuk mengungguli hari raya Lupercalia yang dirayakan pada tanggal 15 Februari.

Sisa-sisa kerangka yang digali dari makam Santo Hyppolytus dia Via Tibertinus dekat Roma, diidentifikasikan sebagai jenazah St. Valentinus. Kemudian ditaruh dalam sebuah peti emas dan dikirim ke gereja Whitefriar Street Carmelite Church di Dublin, Irlandia. Jenazah ini telah diberikan kepada mereka oleh Paus Gregorius XVI pada 1836. Banyak wisatawan sekarang yang berziarah ke gereja ini pada hari Valentine, di mana peti emas diarak-arak dalam sebuah prosesi khusyuk dan dibawa ke sebuah altar tinggi. Pada hari itu sebuah misa khusus diadakan dan dipersembahkan kepada para muda-mudi dan mereka yang sedang menjalin hubungan cinta.

Hari raya ini dihapus dari kalender gerejawi pada tahun 1969 sebagai bagian dari sebuah usaha yang lebih luas untuk menghapus santo-santa yang asal-muasalnya bisa dipertanyakan dan hanya berbasis legenda saja. Namun pesta ini masih dirayakan pada paroki-paroki tertentu.

Valentinius

Guru ilmu gnostisisme yang berpengaruh Valentinius, adalah seorang calon uskup Roma pada tahun 143. Dalam ajarannya, tempat tidur pelaminan memiliki tempat yang utama dalam versi Cinta Kasih Kristianinya. Penekanannya ini jauh berbeda dengan konsep... dalam agama Kristen yang umum. Stephan A. Hoeller, seorang pakar, menyatakan pendapatnya tentang Valentinius mengenai hal ini: "Selain sakramen permandian, penguatan, ekaristi, imamat dan perminyakan, aliran gnosis Valentinius juga secara prominen menekankan dua sakramen agung dan misterius yang dipanggil "penebusan dosa" (apolytrosis) dan "tempat pelaminan"..."

Era abad pertengahan

Catatan pertama dihubungkannya hari raya Santo Valentinus dengan cinta romantis adalah pada abad ke-14 di Inggris dan Perancis, di mana dipercayai bahwa 14 February adalah hari ketika burung mencari pasangan untuk kawin. Kepercayaan ini ditulis pada karya sang sastrawan Inggris Pertengahan ternama Geoffrey Chaucer pada abad ke-14. Ia menulis di cerita Parlement of Foules (“Percakapan Burung-Burung”) bahwa

For this was sent on Seynt Valentyne's day (“Bahwa inilah dikirim pada hari Santo Valentinus”)
When every foul cometh there to choose his mate (“Saat semua burung datang ke sana untuk memilih pasangannya”)

Pada jaman itu bagi para pencinta sudah lazim untuk bertukaran catatan pada hari ini dan memanggil pasanagan mereka "Valentine" mereka. Sebuah kartu Valentine yang berasal dari abad ke-14 konon merupakan bagian dari koleksi pernaskahan British Library di London. Kemungkinan besar banyak legenda-legenda mengenai santo Valentinus diciptakan pada jaman ini. Beberapa di antaranya bercerita bahwa:

* Sore hari sebelum santo Valentinus akan gugur sebagai martir (mati syuhada), ia menulis sebuah pernyataan cinta kecil yang diberikannya kepada sipir penjaranya yang tertulis "Dari Valentinusmu".
* Ketika serdadu Romawi dilarang menikah oleh Kaisar Claudius II, santo Valentinus secara rahasia membantu menikahkan mereka.

Pada kebanyakan versi legenda-legenda ini, 14 Februari dihubungkan dengan keguguran sebagai martir.

Hari Valentine pada era modern

Hari Valentine kemungkinan diimpor oleh Amerika Utara dari Britania Raya, negara yang mengkolonisasi daerah tersebut. Di Amerika Serikat kartu Valentine pertama yang diproduksi secara massal dicetak setelah tahun 1847 oleh Esther A. Howland (1828 – 1904) dari Worcester, Massachusetts. Ayahnya memiliki sebuah toko buku dan toko peralatan kantor yang besar dan ia mendapat ilham untuk memproduksi kartu dari sebuah kartu Valentine Inggris yang ia terima. (Semenjak tahun 2001, The Greeting Card Association setiap tahun mengeluarkan penghargaan "Esther Howland Award for a Greeting Card Visionary".)

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Valentine#Sejarah_Hari_Valentine



Read More......