Friday, March 20, 2009

IT : Bapak Wapres Kopdar dengan Blogger


Wapres Jusuf Kalla, Kamis (19/3) malam kopi darat dengan para blogger di Kafe Pizza, Jakarta. Jusuf Kalla memaparkan alasan mengapa dia akhirnya nge-blog di Kompasiana tepatnya di http://jusufkalla.kompasiana.com/.

Jusuf Kalla menjelaskan, waktu SMA, hobinya korespondensi. Begitu pulang sekolah, katanya, ia mulai menghitung berapa surat yang diterimanya. "Keinginan untuk berkomunikasi telah ada sejak dulu. Sekarang orang terhubung berkat internet," kata Jusuf Kalla.

"Kita berhubungan juga berkembang, dari tanda asap, radio lalu internet. Internet yang sekarang menghubungkan kita. Internet tidak sentral lagi, dulu radio sangat sentral," kata Kalla lagi.

Transportasi, komunikasi, dan perdagangan dunia, kata Kalla, adalah tiga hal yang harus ditangani dan tidak bisa dihindarkan. "'Kini semua jadi sentral komunikasi, bisa berkomunikasi. Semua orang menjadi terhubungkan," katanya.

Tentang nge-blog, Kalla menjelaskan, "Anak saya dan kadang cucu yang ngajarin internet. Blogger boleh mengkritik saya, asalkan jangan menghina," katanya.

Sumber : http://tekno.kompas.com

Read More......

Kesehatan : Awas, Udara Kantor Bikin Tumbang!


Tinggal di lingkungan berhawa panas kerap menyebabkan kita mendambakan ruangan sejuk dan nyaman, baik di rumah atau kantor. Ruangan berpendingin udara alias air conditioner (AC) menjadi surga dunia. Terutama setelah kita terpanggang sinar matahari atau bergelut dengan padatnya lalu lintas kota dan polusi.

Sepintas, ruangan ber-AC terkesan terjaga kebersihannya. Namun, sebaiknya, Anda jangan terlalu percaya pada pemandangan kasat mata itu. Ruangan kantor yang tampak nyaman bisa jadi merupakan sarang penyakit.

Salah satunya keluhan yang muncul belakangan ini adalah sick building syndrome (SBS). Keluhan ini kerap menimpa orang yang terlalu lama berada di dalam ruang yang tertutup. "Penyebab utama keluhan adalah sirkulasi udara yang tak baik lantaran terlalu lama berada di dalam ruangan tertutup," ajar Mulyadi Tedjapranata, dokter dari Klinik Medizone di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Maklum, gedung perkantoran zaman sekarang terlalu mengandalkan AC. Berhubung udara disejukkan oleh AC, perancang gedung kerap melupakan sirkulasi udara yang memadai, baik berupa ventilasi, jendela,maupun pintu yang langsung berhubungan dengan udara luar. "Akibatnya, karyawan hanya menghirup udara yang itu-itu saja," War Mulyadi.

Alhasil, udara yang dihirup orang dalam ruangan itu sudah terkontaminasi gas buang manusia, yaitu karbondioksida (C02). Lebih gawat lagi, kala udara sudah tercemar oleh asap rokok, virus, dan bakteri.

Sebenarnya, sirkulasi udara yang kurang lancar tak terlalu menjadi ancaman kalau karyawan sedang berada dalam kondisi baik. Daya tahan tubuh sedang kuat. Namun, kalau kondisi tubuh sedang tidak fit, udara yang terkontaminasi bisa merobohkan tubuh.

Dianggap enteng
Selama ini orang menganggap enteng gejala yang ditimbulkan oleh udara beracun tersebut. Maklum, gejala-gejalanya mirip flu ringan. Misalnya iritasi di hidung, mata, gatal-gatal, dan batuk kering berkepanjangan. Gejala lainnya mudah terserang sakit kepala, perut kembung, dan lelah. Ujung-ujungnya, pengidap keluhan ini sulit konsentrasi, mudah lelah, bahkan bisa sampai depresi.

Anda mesti waspada kalau ada beberapa teman dalam satu ruangan menunjukkan gejala serupa. Bisa jadi sick building syndrome sudah mampir di kantor Anda. Orang kerap tidak menghiraukan gejala penyakit semacam itu, apalagi kalau gejala itu langsung lenyap ketika si penderita keluar gedung atau pulang ke rumah.

Marganda D A Pasaribu, dokter umum di Rumah Sakit Omni Internasional, mengatakan, orang Indonesia belum menghubungkan gejala penyakit semacam itu dengan kondisi sirkulasi udara ruangan atau gedung yang buruk. SBS disebut sindrom karena merupakan kumpulan gejala. Di luar negeri, penyakit ini lama dikenal sebagai building related illness (BRI).

Penyebab SBS adalah udara terkontaminasi oleh temperatur dan kelembapan udara yang buruk. Kontaminasi bisa berasal dari jamur, ruangan yang tidak pernah dicat ulang, atau mesin fotokopi. Ruangan semacam itu jadi tempat favorit virus dan bakteri, yang bisa menular melalui udara.

Gejala mirip flu ringan tadi bisa berujung pada penyakit paru-paru basah, bronchitis, dan infeksi paru-paru (pneumonia). Selain itu, orang yang punya penyakit pernapasan, seperti asma, lebih rentan terkena penyakit SBS. Begitu pula halnya dengan pengidap penyakit diabetes.

Sumber : http://kesehatan.kompas.com

Read More......

Thursday, March 19, 2009

IT : Mobile users at risk of ID theft


A survey of London commuters suggests that 4.2m Britons store data on their mobiles that could be used in identity theft in the event they are stolen.

Only six in 10 use a password to limit entry into the phones, according to the survey by security firm Credant.

The survey found that 99% of people use their phones for business in some way, despite 26% of them being told not to.

Security experts say that password protection and, where possible, data encryption, is essential.

The advent of smartphones has seen the types of information that pass through handsets proliferate and it is now much more common to store sensitive information and work-related details on handsets.
The survey found that more than a third of respondents use their phones for sending and receiving business emails, with more than three quarters storing business contact details.

Nearly a quarter store customers' information as well.

As a result, Credant say, lost phones could lead to the theft of a personal identity and the ruin of a professional one.

Available security

But the storage of increasingly personal information is also on the rise; the survey found that 16% of people store their bank details on their phones and nearly a quarter store PIN numbers and passwords.

Security experts agree that the storage of such crucial details is ill-advised, and advise users to take advantage of the available security features of a phone.

"If you are ever going to store sensitive info on your mobile phone you must ensure it's protected by a good password - or even better a pass-phrase," said Graham Cluley, Senior Technology Consultant for security firm Sophos.

"It shouldn't be a simple word like password or a dictionary word, or something easy to guess if someone knows you," he added.

"If there's the option, you should encrypt the data on your phone as well. If nothing else you don't want someone who steals your phone making phone calls."

Source : http://news.bbc.co.uk

Read More......

Kesehatan : Tempat terburuk untuk kesehatan kita

Bukan cuma pemilik toko yang harus peduli akan display barang yang dijualnya. Kita juga harus begitu. Menurut para ahli, cara kita mengatur segalanya, mulai dari barang-barang, posisi berdiri di kelas kebugaran sampai tempat penyimpanan obat di rumah ternyata bisa membawa pengaruh pada kesehatan. Berikut beberapa posisi barang yang ternyata berdampak buruk bagi kita, dan solusi penempatan terbaik.

Sikat gigi
Tempat terburuk: Wastafel kamar mandi
Yang menjadi masalah adalah posisi wastafel yang dekat dengan kloset. Menurut pakar kuman Chuck Gerba, PhD, profesor mikrobiologi lingkungan di University of Arizona, kloset mengandung 3,2 juta bakteri di setiap 2,5 cm perseginya. Sewaktu kita menekan tombol flush, udara yang ikut keluar akan mengembuskan bakteri sejauh radius 1,8 meter. Artinya, lantai, wastafel, dan sikat gigi pun ikut tercemar bakteri. Jadi, menyikat gigi dengan air wastafel di kamar mandi sama saja dengan menyikat gigi dengan air toilet. Tidak mau, kan? Kalau begitu, lebih baik simpan sikat gigi di tempat tertutup, misalnya di kotak obat atau di dekat lemari, demikian saran Gerba.

Mencoba tidur
Tempat terburuk: Di bawah lapisan selimut
Di tengah cuaca yang dingin, apalagi sehabis hujan deras sepanjang hari, tentulah sangat nikmat untuk tidur di bawah tumpukan selimut yang akan memberi kehangatan maksimal. Tetapi ternyata tubuh yang terlalu hangat justru membuat kita sulit tidur. Untuk mempermudah tidur, usahakan agar tubuh mengeluarkan panas dari tangan dan kaki, kata Helen Burgess, PhD, asisten direktur Biological Rhythms Research Laboratory di Rush University Medical Center, Chicago. Pakailah kaus kaki untuk melebarkan pembuluh darah di bagian kaki. Setelah itu, lepaskan kaus kaki dan biarkan kedua kaki menjulur keluar dari selimut.

Meletakkan televisi
Tempat terburuk: Dekat tempat makan
Banyak penelitian menunjukkan kebiasaan makan dengan perhatian teralih ke tempat lain bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Sebab, kita jadi tidak menghitung berapa banyak makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dari penelitian tahun 2006 terbukti kita akan makan lebih cepat jika dilakukan sambil nonton televisi, dibandingkan sambil mendengarkan musik. Jadi, sebisa mungkin jangan makan di depan televisi.

Mencari makanan saat lapar berat
Tempat terburuk: Drive-thru di restoran
Saat memasuki lajur khusus ini, yang kita inginkan adalah kecepatan mendapatkan makanan, sehingga pilihan makanan pun akan meleset jauh dari yang sebelumnya kita bayangkan, dari segi kuantitas makanan maupun kalorinya. Tak heran, banyak pakar yang menganggap hobi mampir ke drive-thru ini sebagai salah satu pendorong semakin banyaknya timbunan lemak di tubuh. Karenanya, miliki pilihan tempat makan yang bisa diandalkan di saat darurat seperti ini. Atau, silakan parkir mobil Anda dan bersantaplah di dalam restoran. Dengan demikian Anda bisa mengajukan permintaan khusus, misalnya salad tanpa mayones, sehingga asupan kalori pun jadi aman.

Toilet umum
Tempat terburuk: Bilik bagian tengah
Area ini mengandung lebih banyak bakteri dibandingkan bilik-bilik lainnya. Demikian menurut data yang dikumpulkan Gerba, yang tidak dipublikasikan untuk umum. Tapi tenang, kita tidak akan terjangkit penyakit menular seksual dari dudukan toilet, seperti yang sering dikhawatirkan. Hanya saja kemungkinan terjangkit penyakit sangat besar kalau kita memegang gagang pintu toilet yang penuh kuman, dan setelah itu tidak mencuci tangan dengan bersih.

Kursi pesawat terbang
Tempat terburuk: Bagian belakang
Saat akan check in di bandara, kita sering bingung dalam memilih tempat duduk. Di bagian depankah, belakangkah, tengah, dekat pintu darurat, atau dekat kursi pramugari? Sebelum memutuskan, ada banyak faktor yang bisa dijadikan pertimbangan. Salah satunya adalah masalah mabuk perjalanan. Hindari duduk di bagian ekor pesawat kalau Anda termasuk orang yang gampang mabuk udara, kata pensiunan pilot United Airlines, Meryl Getline, yang saat ini mengoperasikan situs penerbangan fromthecockpit.com. "Perlu diketahui bahwa posisi duduk di pesawat mirip dengan permainan papan jungkat-jungkit. Semakin jauh dari bagian tengah, semakin terasa gerakan naik-turunnya," jelas Getline sambil menyebut bagian belakang sebagai bagian yang paling banyak guncangan. Salah satu penyebabnya adalah ekor pesawat yang cenderung lebih besar dibanding bagian depannya. "Pilihan paling ideal adalah cari tempat duduk yang terdekat dengan bagian sayap."

Sepatu olahraga dan sandal
Tempat terburuk: Di lemari kamar tidur
Jangan sekali-kali masuk ke rumah dengan menggunakan sepatu yang kita pakai seharian di luar. Itu sama artinya dengan mengundang zat pencemar dan penyebab alergi. Dari sebuah penelitian tahun 1999 ditemukan bahwa zat kimia dari halaman rumah bisa bertahan seminggu penuh di dalam rumah. Bagian yang paling banyak tercemar adalah jalan atau rute yang biasa dilalui begitu kita datang dari luar dan masuk rumah. Kurangi kemungkinan pencemaran zat berbahaya dengan meninggalkan sepatu di depan pintu. Letakkan saja di keranjang atau di bawah bangku teras. Apabila sepatu yang kita pakai tidak menyentuh halaman sama sekali, bolehlah dipakai masuk ke kamar tidur. Atau, lebih baik dijinjing saja.

Tas tangan
Tempat terburuk: Di dapur
Tas tangan kita yang cantik itu ternyata bisa jadi sarang mikroba. Menurut Gerba dan timnya, di setiap 2,5 cm persegi tas kita terdapat sekitar 10.000 bakteri! Plus, sepertiga bagian tas terbukti positif mengandung bakteri fecal. Fakta ini tak mengherankan mengingat benda kesayangan kita ini sering "mendarat" di tempat-tempat kotor, seperti lantai bus, di bawah meja restoran, bahkan di lantai toilet umum. Dan, semua itu kita lakukan tanpa sadar. Saran Gerba, taruh tas di laci atau di atas kursi. Yang penting, bukan di meja makan atau tempat yang dipakai untuk menyiapkan makanan.

Menyimpan obat
Tempat terburuk: Di kotak obat
Sebagian orang menempatkan kotak obat di kamar mandi, tempat yang kerap dianggap paling sejuk di rumah. namun, tak jarang temperatur di sana bisa mencapai 38 derajat Celcius. Padahal, ada beberapa jenis obat yang tidak dianjurkan disimpan di suhu ruangan terlalu tinggi. Misalnya obat kolesterol Lipitor yang harus disimpan di
suhu sekitar 25 derajat Celcius. Karenanya, lebih baik simpan obat-obatan Anda di tempat yang kering dan dingin, misalnya di dapur.

Meletakkan buah sebelum dibersihkan
Tempat terburuk: Di bak cuci piring
Menurut Kelly Reynolds, PhD, profesor dan ahli mikrobiologi lingkungan dari University of Arizona, bak cuci piring yang terdapat di dapur merupakan tempat yang paling banyak mengandung bakteri. Bahkan, lebih banyak dibandingkan dengan yang terdapat di toilet sekalipun. Jadi, kalau stroberi yang sedang dibersihkan terjatuh, segera masukkan ke tempat sampah, jangan malah ke dalam mulut.

Menyimpan kopi
Tempat terburuk: Di lemari es atau freezer
Anda kira kesegaran kopi bisa terus terjaga dengan meletakkannya di lemari es? Pikir sekali lagi. Setiap kali dikeluarkan dari lemari es, kopi akan mengalami perubahan suhu dari rendah ke lebih tinggi, sehingga akan menimbulkan pengembunan. "Rasa kopi jadi tidak sedap lagi," kata John McGregor, PhD, profesor di departemen teknologi pangan dan gizi masyarakat di Clemson University. Tempat paling ideal untuk menempatkan kopi, baik dalam bentuk biji maupun bubuk, adalah wadah berwarna gelap dan kedap udara. Letakkan di atas meja dapur atau dalam lemari.

Sumber : http://waspada.co.id

Read More......

IT : Anak Unduh Internet, Orangtua Bayar Rp374 juta

Malang betul nasib yang dialami Will Pierce, gara-gara ulah anaknya yang sembarangan mengunduh di internet, dia harus menanggung biaya telepon yang sangat besar hingga mencapai 22 ribu poudsterling atau Rp374 juta.

Ceritanya sendiri berawal, ketika anaknya yang bernama Louis yang berusia delapan tahun ingin sekali mengunduh film Top Gear dan Kanvaqh QC dari internet. Karena, film favoritnya tersebut tidak dilengkapi dengan teks berbahasa Inggris.

Karena tidak tahu, sang anak terus mengunduh menggunakan fasilitas internet di hotel tempat mereka. Alhasil, setelah ingin meninggalkan tempat tersebut, pria berusia 42 tahun itu terperanjat bukan kepalang. Pasalnya dia, disodori tagihan internet sebanyak 22 ribu poundsterling itu.

"Saya terkejut setelah menerima tagihan tersebut. Pihak hotel baru memberitahu kalau setiap film yang diunduh oleh anak saya, per megabyte-nya berharga 5 ribu pound," jelas Will, seperti yang dilansir Guardian, Senin (16/3/2009).

"Namun saya kecewa dengan pihak Vodafone, yang tidak memberikan batasan limit dalam mengunduh. Akan tetapi, saya akan menggantinya." imbuhnya.

sumber : http://techno.okezone.co

Read More......

Kesehatan : Sel Otak Menghilang, Pikunlah Anda!


Orang yang telah kehilangan beberapa sel di daerah "hippocampus" di otak lebih mungkin terserang sakit ingatan, kata beberapa ilmuwan di dalam jurnal "American Academy of Neurology".

Dr. Wouter J.P. Henneman, dari Vu University Medical Center di Amsterdam, Belanda, dan rekannya menggunakan MRI (magnetic resonance imaging) guna mengukur volume seluruh otak, serta "hippocampus" pada 64 pasien Alzheimer pada awal studi mereka dan sekali lagi rata-rata 18 bulan kemudian guna memperhitungkan angka penyusutan otak.

Peserta studi tersebut meliputi 44 orang dengan gangguan ringan daya kognitif (MCI) dan 34 pasien yang tak memiliki gangguan memori atau daya fikir, yang menjadi "pengendali".

Selama studi itu, tim mendapati tiga "pengendali" dan 23 orang dengan MCI telah terserang penyakit Alzheimer, dan kelompok "pengendali" dengan volume "hippocampus" lebih kecil serta tingkat penyusutan lebih besar menghadapi kemungkinan 3 sampai 4 kali lebih tinggi untuk terserang Alzheimer dibandingkan dengan volume "hippocampus" yang lebih besar dan angka penyusutan lebih lambat.

"Temuan ini tampaknya mencerminkan bahwa pada tahap gangguan ringan kognitif, terhentinya pertumbuhan secara mencolok sudah terjadi di dalam ’hippocampus’," kata penulis studi tersebut Henneman. "Pada orang yang sudah terserang penyakit Alzheimer, kehilangan sel syaraf lebih tersebar di seluruh otak."

"Langkah terhentinya pertumbuhan regional ’hippocampus’ adalah penunjuk paling kuat mengenai perkembangan penyakit Alzheimer," demikian kesimpulan para peneliti studi itu.

Sumber : http://kesehatan.kompas.com

Read More......

Olahraga : satu hari lagi


Catatan Liga Champions: Tanpa Klub Italia, Jalan Menuju Roma Terbuka Lebar Buat Empat Klub Inggris
Terbukti sudah, Liga Primer Inggris saat ini terlalu perkasa buat klub-klub Serie A Italia.

Semua klub Inggris lolos ke perempat-final Liga Champions. Setelah Chelsea dan Liverpool pada malam sebelumnya terlebih dulu memastikan tiket ke babak selanjutnya, dinihari tadi giliran Arsenal dan juara bertahan Manchester United menyusul.

Namun, Bayern Munich dan Barcelona sama-sama menunjukkan kekuatan mereka. Hujan gol atas lawan masing-masing memberi peringatan keras kepada siapapun yang ingin menghadang mereka di babak berikutnya.

Dan perempat-final Liga Champions 2008/09 terasa kurang menggigit tanpa kehadiran kuda hitam: Villarreal dan Porto tentunya tak boleh dianggap remeh.

Jalan menuju Roma masih panjang, tapi kian dekat, terutama buat empat klub raksasa dari Inggris. Ujian besar pertama telah dilalui oleh Liverpool yang mampu menggasak Real Madrid dengan agregat 5-0. Sementara pimpinan klasemen Liga Primer Manchester United menghentikan langkah pimpinan Serie A Inter Milan 2-0. Chelsea menyingkirkan Juventus melalui agregat 3-2, dan Arsenal memupus harapan AS Roma melalui skor tertinggi adu penalti dalam sejarah Liga Champions, 7-6. Dengan demikian, Inggris unggul 3-0 atas klub Italia, ditambah Liverpool yang menaklukkan raja Liga Champions (pemegang sembilan titel) Real Madrid.

Menatap Undian Perempat-Final

Undian babak delapan besar akan digelar pada Jumat, 20 Maret 2009 pukul 18:00 WIB.

Berbeda dengan babak sebelumnya, kali ini sesama klub Inggris bisa saling bertemu. Mungkin saja Manchester United harus menghadapi Liverpool, Chelsea atau Arsenal. Karena separuh dari delapan yang tersisa dihuni klub Inggris, peluang adanya pertemuan sesama klub Inggris pun cukup besar.

Inilah pot delapan besar berdasarkan koefisien UEFA:

1) Manchester United
2) Chelsea
3) Liverpool
4) Barcelona
5) Arsenal
6) Bayern Munich
7) Villarreal
8) Porto

Partai pertama akan dimainkan pada 7-8 April, dan leg kedua hanya seminggu kemudian. GOAL.com akan meliput secara LIVE undian delapan besar Liga Champions pada Jumat depan 18:00 WIB, diikuti undian Piala UEFA satu jam sesudahnya.

Undian ini sekaligus menentukan siapa calon lawan di semi-final, yang akan dimainkan pada 28-29 April dan 5-6 Mei. Kemudian Stadio Olimpico di Roma sudah dipastikan menjadi tempat diselenggarakannya final Liga Champions 2008/09 pada 27 Mei.

Melihat pot yang ada, inilah prediksi hasil undian perempat-final dan semi-final dari saya:

Manchester United atau Porto vs. Barcelona atau Arsenal
Liverpool atau Chelsea vs. Villarreal atau Bayern Munich

Bagaimana prediksi Anda?

source : http://www.goal.com
source gambar : http://1.bp.blogspot.com/_5ZnR2imuTBQ/SaK64fRnLsI/AAAAAAAAATQ/R83T4qqtCWo/s320/UEFA+Champions+League+2008.jpg

Read More......

Wednesday, March 18, 2009

Tips : Mengatasi Luka Bakar


Jangan gegabah mengatasi luka akibat terkena api atau benda panas. Luka bakar di lapisan permukaan kulit bisa terasa lebih sakit daripada luka bakar dalam. Pada luka bakar dalam, biasanya kulit sudah berubah warna menjadi putih dan tidak sakit.

Sedangkan luka bakar pada permukaan kulit biasanya menyebabkan kulit berwarna kemerahan dan rasanya sakit sekali. Sebelum mengatasi luka bakar, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis atau tingkatan luka bakar.

Luka bakar derajat satu
- Paling ringan, luka terbatas pada lapisan kulit paling luar.
- Tandanya: kemerahan, nyeri, sedikit bengkak, kulit kering tetapi tidak ada lepuh. Kulit di area yang terkena biasanya berubah pucat jika ditekan. Bisa sembuh sendiri dalam waktu 5-10 hari.

Luka bakar derajat dua
- Kerusakan kulit meliputi kulit paling luar (epidermis) dan sebagian kulit bagian dalam (dermis).
- Tandanya: reaksi radang lebih berat, kulit tampak berair disertai lepuh (gelembung berisi cairan). Permukaan area luka berwarna merah atau pucat, sering terletak lebih tinggi dari kulit normal.
- Waktu penyembuhan. Luka bakar derajat dua yang dangkal dapat sembuh sendiri dalam waktu 10-14 hari. Pada luka bakar derajat dua yang dalam, yaitu bila folikel rambut, kelenjar keringat dan sebasea terkena meski hanya sebagian kecil. Penyembuhannya lebih lama, bisa mencapai satu bulan.

Luka bakar derajat tiga
- Merupakan yang paling berat dan mengenai seluruh lapisan kulit hingga jaringan di bawahnya.
- Tandanya: tidak ada lagi lepuh dan tidak terasa nyeri karena ujung syaraf rusak. Area kulit yang terkena berwarna abu-abu dan pucat, letaknya lebih rendah daripada kulit normal. Folikel rambut, kelenjar keringat dan sebasea ikut rusak.
- Penyembuhan tergantung tingkat keparahan. Pada kasus yang parah, bisa dilakukan transplantasi kulit untuk menggantikan kulit yang hilang. Tapi bila luka tersebut tidak terlalu parah, ada langkah-langkah pertolongan pertama sebelum pergi ke dokter.
- Begitu terkena benda atau cairan panas atau luka bakar, Anda harus langsung menyingkirkan pakaian di sekitar luka bakar. Lakukan sesegera mungkin, jangan sampai benda atau cairan panas mengenai pakaian yang lelehannya bisa jatuh ke kulit Anda. Setelah itu, segera rendam bagian yang terluka ke dalam air dengan suhu normal sekitar 5-10 menit agar suhu bagian yang terluka segera netral sebelum diobati. Ingat, suhu bagian terluka itu mengalami peningkatan suhu di dalam.
- Setelah membasuh luka dengan air dingin, kompres luka dengan kain kasa. Jangan gunakan kapas atau bahan lain yang sekiranya bisa menempel di kulit karena bisa membuat luka semakin parah. Usahakan cari bahan yang tidak menempel di kulit dan aman.
- Jangan menggunakan odol, mentega atau salep apa pun karena salah-salah luka Anda akan makin parah. Air dingin cukup untuk meredakan nyeri luka bakar.
- Cucilah area yang terluka dua kali sehari dengan sabun cair. Jangan mengutak-atik lepuh yang berisi cairan karena berfungsi melindungi kulit dari infeksi. Ketika lepuh pecah, bersihkan sisa-sisa kulit yang tertinggal dan berikan salep antibiotik atau antiseptik dan tutup dengan perban steril. Ganti perban setiap kali luka dicuci.
- Segeralah periksa luka bakar ke dokter untuk menghindari infeksi bakteri. Jika Anda terinfeksi bakteri, setelah mengalami luka tersebut Anda akan demam, radang dan luka Anda mengeluarkan nanah.
- Jika luka bakar cukup serius, langsung saja Anda pergi ke dokter atau rumah sakit. Karena bisa-bisa jaringan kulit Anda akan rusak dan merusak sistem kerja tubuh lainnya. Secepatnya Anda mendapatkan perawatan intensif.
- Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bekas luka bakar. Jika Anda ingin mengatasinya dengan cara alami, Anda dapat membuat ramuan penghilang bekas luka. Caranya, rendam beras biasa sebanyak setengah ons selama 15 menit, angkat, lalu tumbuk bersama setengah ons kencur. Setelah hancur merata, oleskan kebekas luka kita setiap hari selama dua minggu. Selain beras, madu lebah pun dapat menghilangkan bekas luka. Oleskan madu secara rutin.

Sumber : http://lifestyle.okezone.com


Read More......

olahraga : Platini Siap Bicarakan Liga Super Eropa


Ide pembentukan sebuah Liga Super Eropa yang akan menggantikan ajang Liga Champions dan Piala UEFA mencuat kembali ke permukaan.

Badan sepakbola Eropa UEFA lewat presidennya Michel Platini menegaskan kalau mereka siap berdiskusi mengenai kemungkinan terwujudnya liga tersebut.

France Football melaporkan kalau liga tersebut akan terdiri dari tiga divisi yang berisikan 20 hingga 22 tim di tiap divisi. Ide ini tadinya berasal dari G14 yang anggotanya merupakan klub-klub sepakbola besar di Eropa.

Kini G14 telah digantikan dengan Asosiasi Klub Eropa (ECA) yang mempunyai anggota lebih dari 100 klub sepakbola di benua itu.

ECA membawa kembali ide Liga Super Eropa itu dalam pertemuan mereka di Swiss minggu lalu. Mereka beranggapan kalau keadaan ekonomi saat ini sesuai untuk bergulirnya liga tersebut.

Dalam analisa ECA, liga itu akan lebih banyak menghasilkan dana yang dapat membantu klub yang tengah dibekap krisis.

Saat ditanya mengenai proposal liga tersebut, Platini mengatakan kalau semuanya terserah padanya, ia akan mengembalikan kompetisi ke Piala Eropa seperti pada awalnya yang hanya berisikan babak gugur. Tetapi ia juga terbuka terhadap semua usulan yang masuk.

"Semua orang mengetahui filosofi saya tentang kompetisi Eropa, tetapi dunia telah berubah dan kami harus berhati-hati menyikapinya."

"Bila para klub datang dan berbicara dengan kami, tentunya kami akan mendengarkan mereka dan kemudian mengambil keputusan."

Bila memang akhirnya Liga Super Eropa ini berjalan, perlu diadakan perubahan di liga domestik agar klub-klub papan atas dapat ikut serta di kedua liga itu.

Sumber : http://www.goal.com

Read More......

IT : Polisi Gerebek Perusahaan Pengguna Ratusan Software Bajakan


Mabes Polri kembali mengungkap penggunaan software bajakan. Pelaku adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang engineering dan kontruksi berinisial PT IT yang berada di Jakarta Selatan.

"Dari sekitar 800 komputer dan 30 server yang kami periksa, PT IT telah menggunakan 4000 lebih software. Sebanyak 300-an unit software di antaranya adalah software tidak berlisensi," ungkap AKBP Rusharyanto, penyidik Unit I Indag Direktorat II Eksus Barekrim Mabes Polri di Jakarta, Selasa (17/3).

Pengungkapan kasus tersebut dilakukan Mabes Polri mulai tanggal 26 Februari hingga 2 Maret 2009. Tim Mabes menemukan beragam software tanpa lisensi, seperti Microsoft, Autodesk, Adobe, dan Symantec. Dari perusahaan itu, Mabes Polri mengamankan 10 komputer sebagai barang bukti.

Sebelumnya pada tanggal 11-13 Februari 2009, Mabes Polri juga menindak PT V di Jakarta. Dari 600 komputer dan 50 software yang diperiksa ditemukan lebih dari 1000 software tanpa lisensi dari sejumlah perusahaan software.

"Dari keseluruhan total dua perusahaan tersebut, ada sekitar 645 komputer yang terdapat software tanpa lisensi," ujar Rusharyanto.

Hingga saat ini, pihak kepolisian belum menetapkan tersangka dan proses penyidikan. Ancaman pidana terhadap pengguna software maksimal 5 tahun dan atau denda Rp 500 juta.

Sumber : http://tekno.kompas.com
Sumber gambar : http://www.kompas.com/data/photo/2008/04/03/144129p.jpg

Read More......

Monday, March 16, 2009

IT : Waspadai Tanggal 1 April


April Mop? Mudah-mudahan begitu. Namun, menurut Computer Associates (CA), tanggal 1 April mendatang harus diwaspadai. Ditengarai, hari itu akan menyebar varian baru dari worm Conficker (Downadup), yakni Win32/Conficker.C, secara besar-besaran yang setiap harinya menyasar sampai 50.000 URL.

Menurut CA, dibandingkan dua vresi worm sebelumnya, Conficker. C sudah sangat meningkat dalam caranya menyusupi komputer pengguna. CA mengatakan, versi mutakhir ini menanggalkan beberapa fungsionalitas penyebarannya, tetapi mungkin tidak akan memicu reaksi dari software sekuriti karena ia menjegal tool yang digunakan untuk memonitor dan membuang Conficker dari sistem-sistem yang terinfeksi. Yang dijegal misalnya ProcessExplorer.

Payload ini memang tidak langsung merusak file, tetapi worm telah disetel untuk beraksi di masa depan. Ia akan memodifikasi dan menurunkan setelan sekuriti Windows, menghapus system restore points, menonaktifkan servis, seperti Windows Defender dan Error Reporting Service, mematikan 23 layanan yang terkait sekuriti, memblokir akses ke 71 situs web developer software sekuriti dan bersiap mengunduh file-file arbitrary dari sejumlah situs web.

Menurut CA, Conficker.C akan mencoba mengakses 50.000 URL setiap hari. Karena itu, Anda disarankan untuk memperbarui software sekuriti Anda sebelum worm menjadi aktif.

Sumber : http://tekno.kompas.com

Read More......

Lain lain : Tengkorak Vampir Ditemukan di Italia


Di antara tulang-belulang kuburan massal korban wabah pada zaman pertengahan di Venice, Italia, ditemukan tengkorak yang sangat tak normal. Jelas terlihat bahwa mulut tengkorak seorang wanita itu dibuka paksa dengan sebuah batu bata.

Ini merupakan teknik pengusiran setan di masa lalu. Batu bata tersebut mungkin dijejalkan ke mulut wanita tersebut yang telah mati karena dikira sebagai vampir yang sewaktu-waktu bangkit. Menjejalkan batu bata ke mulut vampir sebagai cara mencegah vampir hidup dan menularkan diri.

"Saya sangat beruntung. Saya tak berpikir menemukan vampir selama melakukan penggalian," ujar Matteo Borrini, seorang ahli arkeologi forensik dari Universitas Florence Italia. Ini merupakan bukti penggalian pertama yang menunjukkan korban vampir meski banyak dikisahkan.

Borrini telah melakukan penggalian pada kuburan massal di Pulau Lazzaretto Nuovo itu sejak tahun 2006. Temuan ini juga memberikan bukti bahwa masyarakat saat itu menganggap vampir sebagai penyebab wabah penyakit.

Sebagaimana diketahui, kepercayaan terhadap vampir berkembang di abad pertengahan saat proses pembusukan mayat belum begitu dipahami. Cairan mayat saat itu mungkin salah dipahami sebagai cairan bekas gigitan vampir.

Kuburan massal tersebut mungkin sering dibuka tutup karena korban wabah yang terus berjatuhan. Nah, mayat wanita tersebut mungkin telah mengeluarkan cairan sehingga dikira vampir sehingga mulutnya disumpal batu bata.

Sumber : http://sains.kompas.com

Read More......