Monday, February 09, 2009

IT : Berbagi Foto, Video dan Lagu via Ponsel

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk berbagi konten multimedia di ponsel. Cara yang paling klasik ialah menggunakan kabel data atau inframerah. Kedua cara ini mengharuskan perangkat pengirim dan penerima konten berada dalam jarak kurang dari 1 meter.

Cara yang kini populer ialah menggunakan koneksi Bluetooth. Dengan koneksi jenis ini, pengiriman menjadi lebih praktis karena perangkat tidak perlu saling dihadapkan dalam jarak dekat. Ponsel yang berada dalam radius 1 - 100 meter bisa saling terhubung dan berkomunikasi dengan kecepatan mencapai 3Mbps.

Namun, jarak jangkauan yang tak sampai 1km tersebut rasanya belum cukup untuk bisa saling berbagi ke banyak orang. Jangankan mengirim ke kota lain, saling berkirim data dalam satu kampung saja bisa tak terjangkau.

Solusinya? Gunakan saja jibe. Aplikasi gratis jibe.jar / jibe_pc.cod (jibe versi 0.9.5) {566 KB (Blackberry), 399 KB (Java), http://www.jibemobile.com/getjar}ini menawarkan kemampuan bagi para penggunanya untuk saling berbagi video, foto, atau ngobrol lisan dan tulisan via situs sharing. Penghantarnya tak lain yakni GPRS. Dari aplikasi jibe, Anda juga bisa mengakses e-mail, facebook, mencari foto dan video dalam satu kali klik. Tak ketinggalan akses Flickr , Photobucket dan Youtube juga disediakan.

Pada dasarnya, aplikasi ini berjalan dengan memanfaatkan fasilitas berbagi file, video, atau foto yang tersedia di Internet. Fasilitas-fasilitas yang tersedia itu kemudian dirangkum dalam suatu aplikasi yang dirancang secara apik. Alhasil, untuk menggunakan fasilitas ini Anda tidak perlu lagi mengunjungi masing-masing browser secara terpisah. Segala aktivitas untuk mengunduh atau mengunggah file multimedia bisa langsung dilakukan melalui aplikasi jibe.

Instalasi Mudah
Untuk meng-install jibe, pertama-tama Anda harus masuk ke http://www.jibemobile.com/getjar dan memilih Register dengan browser. Masukan nama Anda, alamat e-mail, nama operator, nama negara, nomor ponsel, password, jenis kelamin, lokasi, tanggal lahir dan foto Anda. Untuk saat ini, operator Indonesia yang terdaftar hanya Telkomsel. Bagi pengguna operator lain, Anda bisa mencoba untuk memilih operator Other/unknown. Klik Join untuk bergabung ke jibe.

Dari SMS yang diterima, Anda bisa mengikuti link yang disediakan untuk mengunduh aplikasi jibe. Jika SMS tidak diterima, jangan panik. Anda tetap dapat mengunduhnya dengan cara mengunjungi wap.getjar.com. Dari situs WAP tersebut, ketikkan nama aplikasi jibe dan carilah versi yang sesuai dengan merk dan tipe ponsel Anda.

Setelah jibe ter-install, loginlah dengan akun jibe yang Anda miliki. Dalam tampilan standar, Anda akan melihat daftar teman Anda ditampilkan dalam format tebal dan tipis. Nama yang ditebalkan mengartikan bahwa teman Anda tersebut sedang online. Jika Anda mengirimkan pesan kepadanya, pesan tersebut akan langsung sampai ke tujuan. Jika pesan dikirimkan ke nama yang tidak di-bold, pesan Anda akan dikirim ke e-mail. Nama yang ditampilkan dengan warna abu-abu menandakan bahwa rekan Anda tersebut belum tergabung dalam jibe.


TIPS
Saat rekan Anda mengirimkan suatu pesan ke akun jibe Anda, dan aplikasi jibe tidak dalam keadaan aktif, jibe akan mengirimkan pesan ke ponsel Anda yang akan memicu dijalankannya aplikasi jibe. Jika Anda tidak menyukai fitur ini, Anda dapat mengatur seting notifikasi melalui menu Edit Profile.

Sumber : http://tekno.kompas.com/read/xml/2009/01/27/11540545/jibe.berbagi.foto.video.dan.lagu.via.ponsel
Sumber Gambar :

1 komentar:

Risti said...

dulu transfer data dari infra red, lalu ada bluetooth, sekarang ada lagi jibe mobil. nanti apalagi yah.