Friday, January 23, 2009

Waspadai Gerhana Matahari Cincin 26 Januari


Masyarakat dihimbau untuk tidak terlalu lama melihat fenomena alam, gerhana matahari Cincin yang diperkirakan akan terjadi Senin (26/1/2009) mendatang. Gerhana matahari cincin diperkirakan akan terlihat penuh di wilayah Serang, Lampung, dan sebagian Kalimantan.

"Intensitas sinarnya cukup tinggi dan dapat membahayakan mata, sebaiknya menggunakan pelindung seperti kacamata atau bekas klise foto hitam putih, jangan sampai kita melihat dengan mata telanjang," kata kepala divisi Matahari dan Antariksa, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Clara Yono Yatini saat dihubungi Okezone melalui telepon selulernnya, Jumat (23/1/2009).

Menurut Clara, untuk wilayah Serang, Banten gerhana matahari cincin akan mulai terjadi sekira pukul 15.20.WIB.

"Untuk melewati daerah yang sama, gerhana matahari cincin membutuhkan waktu ratusan tahun, tapi kalau gerhana matahari umumnya di Indonesia, bisa terjadi beberapa kali," ujar Clara.

Gerhana Matahari Cincin merupakan fenomena alam di mana bagian bola Matahari yang tampak dari Bumi tidak seluruhnya tertutup oleh bayang-bayang Bulan. Bagian yang terlihat dari Bumi hanya sebgain kecil seperti sabit bulan, padahal itu Matahari. Pada saat gerhana matahari cincin, bumi tidak akan gelap seperti pada gerhana matahari total. Pada gerhana matahari cincin kali ini, penutupan bagian tengah piringan matahari sekitar 93-96.

Pada 26 Januari 2009, jarak matahari dari bumi 0,985 Satuan Astronomi (SA) dan lebih dekat dari rata-rata umum sejauh 1 SA atau 150 juta km. Hal itu, mengakibatkan diameter sudut matahari lebih besar dari rata-rata sekitar 0,5 derajat.

sumber okezone.com

6 komentar:

MU Fans said...

wah..bisa disaksikan nih besok bro. Thanks ya infonya...Lumayan utk menyaksikan fenomena alam yang terjadi seratus tahun sekali...

Btw,komen balik yah...Salam kenal!

azwinner said...

wah besok mesti k kalimantan neh....
drpada nuggu 100 tahun lg... ehehheheheh

budiawanhutasoit said...

wah, besok ya..brarti mesti siapin makanan nih..lho koq makanan..hehe

HOB said...

waspada bukan berari ngga boleh liat kan..
mo liat ah..

Ieh said...

dari medan gak keliatan ya....

info milan said...

wadyh harus siap-siap neh buat gerhana, heee tq bro dah mampir, sering2 ya