Thursday, January 22, 2009

Anak Perempuan Lebih Cepat Adaptasi Teknologi Baru


Anak perempuan dinilai lebih mudah dan cepat beradaptasi dengan teknologi baru termasuk internet ketimbang anak laki-laki. Dan anak-anak lebih menyukai ibu daripada ayahnya untuk membimbing mereka mempelajari dunia teknologi.

Hal itu didasarkan penelitian yang dilakukan University of Hertfordshire, seperti dilansir Cellular-news, Selasa (21/1/2009). Penelitian dilakukan dengan mengambil 4.606 anak berusia 6 hingga 14 tahun sebagai sampel. Dari jumlah itu peneliti menwawancarai 2.535 anak secara lebih mendalam. Penelitian juga dilakukan dengan mewawancarai 12 keluarga.

Tujuan penelitian tersebut adalah untuk mengetahui bagaimana para orangtua mengajarkan sebuah teknologi baru kepada anak-anaknya.

Hasil penelitian menunjukkan 94 persen anak perempuan sering menggunakan komputer atau laptopnya, sedangkan anak laki-laki hanya 88 persen yang mengaku menggunakan komputer. Selain itu, 50 persen responden juga mengatakan lebih memilih ibu untuk membantu mempelajari teknologi, sedangkan ayah hanya dipilih 22 persen responden.

"Hasil penelitian menegaskan bahwa seorang ibu memegang peranan. Secara keseluruhan seorang ibu sangat menyukai menghabiskan waktu bersama anaknya untuk menggunakan teknologi seperti komputer dan internet," ujar Professor Karen Pine, salah seorang peneliti.

Keinginan seorang anak untuk mempelajari teknologi baru bersama orangtua juga dinilai sangat tinggi. Sebanyak 40 persen responden menyatakan sangat membutuhkan dukungan orangtua untuk membimbingnya.

2 komentar:

aaLiL said...

waahh...kyknya gak juga tuh mas..

aku gak mau kalah ah ma perempuan..

hahahha..

keep share

diego_tristan2004 said...

okay deh mas... :D