Monday, April 20, 2009

IT : Tarif Internet Bakal Diseragamkan Berdasarkan "Volume Based"

Skema perhitungan tarif internet mulai akhir April akan diseragamkan menggunakan ketentuan "volume base" atau volume data yang diunduh dan diunggah pengguna layanan. Hal tersebut disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Muhammad Nuh di Surabaya, Sabtu (18/4).

"Kami akan menyeragamkan tarif dengan besaran volume ini," katanya. Menurutnya, jika menggunakan tarif lama yakni dengan time based minute, konsumen akan menghabiskan lebih banyak biaya.

Dia mengemukakan, pemberlakuan tarif baru pada kuartal I tahun ini akan menguntungkan pengguna internet.

"Jika tetap memaksa menggunakan tarif lama, yang analog dengan tarif telepon maka hal itu akan tidak adil bagi pengguna internet. Padahal, orang telepon biasanya membutuhkan waktu rata-rata sekitar 2 menit sekali pakai, sedangkan pengguna internet butuh waktu 15 menit," katanya.

Di sisi lain, lanjut dia, dua pekan lalu empat menteri yakni Menteri Pekerjaan Umum, Menteri Dalam Negeri, Menteri Badan Koordinasi Penanaman Modal, dan Menkominfo menandatangani kesepakatan bahwa pemakaian tower "BTS" seluler minimal oleh tiga operator.

"Siapa pun boleh mendirikan tower, namun kepemilikannya tidak boleh ada monopoli oleh perusahaan tertentu. Jika ada monopoli, silakan saja melaporkan hal itu ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU)," katanya.

sumber gambar : http://klubguru.com/content/data/upimages/nuh_-_menkominfo.jpg
sumber : http://tekno.kompas.com



7 komentar:

Yos said...

Artikel ini saya copas ya sob..

ghielz said...

maksudnya gmn nie? kalo misalkan kita unduh atau download lebih mahal seperti? mohon di jelaskan, masalahnya saya seneng download apa aj nie...hehehe...thanks for your info....

Andryan said...

Terserah deh pake volume apa enggak...
Yang jelas harus MURAH dan CEPAT!!!


Yeah...

10.000/1GB
Itu harga yang pantas...

RiP666 said...

yg penting turun tarif tapi tambah cepet ^^

mrblankx said...

@ Yos
silahkan bro...

@ghielz
setau aq nich yach sob... :D yang nmnya volume based itu khan pake kuota jadi kalo sering download kuota na cepat abis.. dan apabila kuota na abis.. maka di kenakan tambahan biaya lagi....

@andryan
gua setuju banget sob... :D

@RiP666
ok sob... :D

pasang iklan gratis said...

kapan ya internet bisa gratis.....

Hendro said...

Mudah-mudahan tarif internet terus menurun.