Monday, March 02, 2009

IT : Sony Kembangkan Baterai Tenaga Jus & Softdrink


Perusahaan Sony berencana membuat baterai dengan tenaga dari softdrink berkarbonasi dan jus buah. Ide unik ini, diklaim oleh Sony dapat menghemat penggunaan listrik, termasuk ramah lingkungan.

Menggunakan softdrink dan jus buah sebagai sumber tenaga baterai, tengah digodok serius oleh Sony. Mereka berharap, baterai menggunakan bahan yang akrab dengan lingkungan sekitar dan mampu menjadikan trend baru penggunaan sumber tenaga baru.

Sebenarnya, pembuatan baterai dengan sumber yang unik tersebut bisa saja dilakukan. Techradar, Minggu (1/3/2009), menjelaskan, pada prinsipnya kerja sumber energi tersebut berasal dari enzim yang berguna untuk 'merobohkan' glukosa. Setelah itu, hasilnya dapat memanipulasi agar menghasilkan elektron dan atom hidrogen.

Masalah hasil yang dicapai, konsumen tidak perlu kuatir. Pasalnya, baterai yang baru itu dapat menghasilkan listrik sebanyak 70mW dari 28cc air karbonasi, yang kira-kira dua kali lebih banyak dari baterai model sebelumnya.

Dalam sebuah demonstrasi terlihat, baterai Sony bertenaga jus dan softdrink mampu menyalakan sebuah walkman dengan speaker. Walaupun hanya sebentar, paling tidak inovasi ini telah menunjukan hasil yang positif

Sumber : http://techno.okezone.com




2 komentar:

@ Coy said...

lebih baik q minum jusnya deh dari pada dijadikan baterai...

mrblankx said...

btw suka minum jus apa nich bro...? ntar tak buatin.. :D