Friday, August 03, 2007

Kecepatan Download

nich ada sebuah pertanyaan dan jawaban aq dapet dari milist it center......
Kenapa sih walaupun bandwith kita sewa 512 kbps tp pas download tetep cuma dpt 37 kbps? Padahal Cuma satu komputer kok!,
jawaban na : Itu karena CIR-nya tdk murni 1:1, malah bisa 1:10.Dishare ke 10 user lainnya. Seharusnya klo bandwidth yg kita sewa 512 Kbps, untuk download hanya dgn satu komp saja, dgn catatan gak disharing ke komp lain, speed download bisa mencapai 50 s/d 55 kbps tuch. Klo cuma dapet 37 kbps itu mah kurang optimal.

Committed Information Rate (CIR) adalah jaminan minimum bandwidth yang pasti diperoleh oleh pelanggan dalam kondisi trafik terpadat sekalipun. CIR tidak harus 50 %, tetapi disarankan maksimum 50 %. Hal ini dimaksudkan agar pelanggan tetap dapat menikmati kondisi cost-performance secara efektif. CIR dapat dibuktikan melalui hasil capture data yang dilakukan berkala.

Excess Information Rate (EIR) adalah bandwidth tambahan di atas CIR yang masih akan didapat pelanggan. Besarnya EIR maksimum sebesar kecepatan akses dikurangi CIR. Sebagai informasi, Lintasarta memberikan EIR secara cuma-cuma pada pelanggan Frame Relay. Bila melihat service provider di luar negeri, untuk EIR-nya dikenakan tarif. Yang paling bermanfaat bagi Pelanggan adalah CIR yang menandakan jaminan bagi pelanggan.

0 komentar: