Saturday, April 04, 2009

IT : Apple Pindah ke Windows


Inilah kabar yang pasti membuat para pencinta Mac marah besar. Mulai minggu depan, semua Mac baru yang dijual akan datang resmi dengan salinan Windows Vista Premium preload.

Menurut Apple, begitu dinyalakan, semua Mac baru akan mem-booting Windows Vista, bukan OS Macintosh. Ya, inilah hasil kerja sama lisensi langsung baru antara Apple dan Microsoft. Namun, jangan buru-buru mendelik karena berita ini ternyata hanya tipuan April Mop.

Yang jelas, kabar ini sempat meramaikan berbagai milis dan situs berita. Wartawan pun kalang kabut dibuatnya karena merasa ketinggalan berita "penting" itu.

Disebutkan dalam kabar guyonan itu, beralihnya Apple ke Windows tidak akan mendongkrak harga Mac. Selain itu, OS X Leopard sendiri tetap ditawarkan, tetapi sebagai upgrade berbayar. OS X Leopard disediakan hanya jika konsumen membeli OS seharga129 dollar AS itu secara terpisah, lalu meng-install-nya sendiri.

Dinyatakan juga, perpindahan Apple ke Windows ini oleh beberapa analis dan investor dikhawatirkan merupakan tanda-tanda berakhirnya era Steve Jobs. Para loyalis Mac pun meradang, menuduh produsen Apple berkhianat, dan mewanti-wanti bahwa menganakemaskan Vista dan bukannya sistem operasinya sendiri akan meniadakan daya tarik dan keistimewaan Mac. Namun jangan khawatir karena ini lagi-lagi hanya lelucon.

sumber : http://tekno.kompas.com

0 komentar: