Friday, April 03, 2009

Ekonomi : PM Singapura Pejabat Bergaji Tertinggi


Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong menjadi pemimpin negara yang memperoleh gaji tertinggi di dunia.

Dia mendapatkan gaji senilai USD2,47 juta atau sekitar Rp28,405 miliar, dengan kurs Rp11.500 per dolar AS. Jumlah tersebut lima kali lipat gaji tahunan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama berdasarkan data dari Times Online.

Data dari Wikipedia menunjukkan bahwa Lee justru mendapatkan gaji tahunan sebesar USD2,85 juta, atau meningkat 25% dibandingkan penghasilan sebelumnya yang mencapai USD2,03 juta.

Bapak Bangsa Singapura, Lee Kuan Yew, sangat membela gaji besar bagi pemimpin Singapura. Menurut dia, pemimpin dan menteri-menteri layak mendapatkan gaji tinggi karena Singapura merupakan negara kecil yang kekurangan orang-orang berbakat. ?Pekerjaan Anda berisiko, hidup Anda berbahaya,? kata Lee KuanYew. Sebenarnya,gaji PM Singapura tertinggi di dunia bukan kali ini saja.

Sudah sejak dahulu, pemimpin Singapura selalu menduduki politikus terkaya dunia. Itu semua disebabkan keinginan Lee Kuan Yew yang mengarsiteki struktur dan kebijakan dasar Singapura dengan gaji tinggi, sehingga pejabat negara tidak didikte kepentingan lain. Pemerintah Singapura beralasan pemberian gaji besar itu sebagai kompensasi paling baik untuk menarik orang-orang dari dunia swasta ke dunia pemerintahan.

Tidak ada cerita gaji pemimpin perusahaan swasta di Singapura lebih tinggi dibandingkan gaji PM.Selain itu, gaji berlimpah juga mencegah para pejabat negara terjerembap skandal korupsi dan suap.Memang, skandal korupsi di Singapura selama ini sangat jarang terjadi. Posisi kedua ditempati Donald Tsang Yum-Kuen dari Hong Kong dengan gaji USD516.000. Donald merupakan pemimpin eksekutif dan kepala pemerintahan Hong Kong.

Dia mulai menyetujui kenaikan gaji pegawai negeri ketika krisis ekonomi Asia pada 1997. Sebelumnya, pegawai negeri Hong Kong mendapatkan gaji yang tidak layak. Presiden AS Barack Obama menempati posisi ketiga dengan gaji USD400.000. Posisi keempat ditempati PM Irlandia Brian Cowen dengan penghasilan USD341.000. Posisi selanjutnya adalah Presiden Prancis Nicholas Sarkozy yang menerima gaji USD318.000, disusul Kanselir Jerman Angela Merkel dengan pendapatan USD303.000.

Sementara itu, posisi ke-7 ditempati PM Inggris Gordon Brown dengan gaji USD279.000. PM Kanada Stephen Harper meraih penghasilan USD246.000, disusul PM Jepang Taro Aso USD243.000. Terakhir,posisi ke-10 diduduki PM Australia Kevin Rudd dengan gaji USD229.000.

Harian terkemuka Australia, The Australian, mempertanyakan apakah gaji para pemimpin dunia itu adil? Harian itu menulis apakah gaji tahunan itu dipengaruhi faktor luas negara atau populasi penduduknya? Kenyataannya tidak, gaji Barack Obama dan Kevin Rudd lebih kecil dibandingkan PM Lee Hsien Loong

sumber : http://economy.okezone.com
sumber gambar : http://www.mas.gov.sg

0 komentar: