Wednesday, March 18, 2009

olahraga : Platini Siap Bicarakan Liga Super Eropa


Ide pembentukan sebuah Liga Super Eropa yang akan menggantikan ajang Liga Champions dan Piala UEFA mencuat kembali ke permukaan.

Badan sepakbola Eropa UEFA lewat presidennya Michel Platini menegaskan kalau mereka siap berdiskusi mengenai kemungkinan terwujudnya liga tersebut.

France Football melaporkan kalau liga tersebut akan terdiri dari tiga divisi yang berisikan 20 hingga 22 tim di tiap divisi. Ide ini tadinya berasal dari G14 yang anggotanya merupakan klub-klub sepakbola besar di Eropa.

Kini G14 telah digantikan dengan Asosiasi Klub Eropa (ECA) yang mempunyai anggota lebih dari 100 klub sepakbola di benua itu.

ECA membawa kembali ide Liga Super Eropa itu dalam pertemuan mereka di Swiss minggu lalu. Mereka beranggapan kalau keadaan ekonomi saat ini sesuai untuk bergulirnya liga tersebut.

Dalam analisa ECA, liga itu akan lebih banyak menghasilkan dana yang dapat membantu klub yang tengah dibekap krisis.

Saat ditanya mengenai proposal liga tersebut, Platini mengatakan kalau semuanya terserah padanya, ia akan mengembalikan kompetisi ke Piala Eropa seperti pada awalnya yang hanya berisikan babak gugur. Tetapi ia juga terbuka terhadap semua usulan yang masuk.

"Semua orang mengetahui filosofi saya tentang kompetisi Eropa, tetapi dunia telah berubah dan kami harus berhati-hati menyikapinya."

"Bila para klub datang dan berbicara dengan kami, tentunya kami akan mendengarkan mereka dan kemudian mengambil keputusan."

Bila memang akhirnya Liga Super Eropa ini berjalan, perlu diadakan perubahan di liga domestik agar klub-klub papan atas dapat ikut serta di kedua liga itu.

Sumber : http://www.goal.com

0 komentar: