Friday, March 06, 2009

Kesehatan : Berobat ke LN Kalau Pelayanan di Indonesia Sulit

Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla menyatakan dokter dan rumah sakit Indonesia sebenarnya tidak kalah dengan luar negeri. Oleh sebab itu, Wapres menganjurkan masyarakat untuk berobat ke dokter dan rumah sakit di Indonesia. Bisa saja datang ke rumah sakit atau dokter luar negeri, apabila menghadapi pelayanan yang sulit khususnya untuk penyakit yang berat.

Hal itu disampaikan Wapres Kalla saat meresmikan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kemang Medical Care di Kawasan Kemang Jakarta Selatan , Kamis (4/3). Acara itu dihadiri Nyonya Mufida Kalla dan seluruh putera-puteri serta menantu Wapres Kalla. Hadir pula Direktur Utama RSIA Kemang Medical Care Profesor, Purnawan Junaidi.

"Rumah sakit kita tidak kalah dengan rumah sakit Singapura. Kita mempercayai itu, kecuali jika kita menghadapi penyakit yang berat dengan pelayanan yang sulit," tegas Kalla.

Sebagaimana diketahui, saat melakukan kunjungan kerja di Amerika Serikat beberapa waktu lalu, Wapres Kalla menyempatkan memeriksakan dirinya di Mayo Clinic, Minnesotta. Padahal dalam beberapa kali kesempatan dengan para dokter Indonesia, Wapres Kalla selalu menganjurkan tidak perlu berobat ke luar negeri.

Menurut Kalla, pelayanan kesehatan baik oleh dokter maupun rumah sakit sebenarnya berdasarkan kepercayaan. Di antaranya kepercayaan terhadap dokter, perawat, sistem pelayanan dan juga potensi yang ada di rumah sakit itu.

"Bahkan dokter kita mempunyai kemampuan yang sangat tinggi,"tambah Kalla.

Untuk memperbanyak jumlah dokter spesialis di Indonesia, Wapres Kalla menyatakan pemerintah juga telah menambah dana di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk membiayai pendidikan dokter spesialis.

Terkait dengan pelayanan rumah sakit tersebut, Wapres meminta supaya pengelola menjaga kontinuitas pelayanan kesehatan yang tidak mengkhawatirkan pasien. Rumah sakit yang sudah berjalan beberapa tahun ini dipimpin oleh Putri Bungsu Jusuf Kalla, Chairani Kalla, yang sering dipanggil Ade.

Sumber : http://kesehatan.kompas.com
Sumber Gambar : http://www.epochtimes.co.id/fotonasional/108_besar.gif

0 komentar: