Monday, March 23, 2009

IT : iPhone OS 3.0, Akhirnya Dilengkapi dengan Copy Paste


PADA tanggal 17 Maret 2009, Apple mengumumkan generasi ketiga (versi 3.0) dari platform sistem operasi (OS) yang diusung oleh iPhone dan juga iPod Touch. Pada OS versi 3.0 ini, Apple menambahkan 100 feature baru, diantaranya feature cut, copy-paste; MMS, Voice Memo, serta masih banyak feature lainnya.

Untuk saat ini, OS Apple versi 3.0 baru tersedia bagi para developer aplikasi untuk iPhone. Sedangkan bagi user selain developer harus bersabar sampai musim panas untuk mencoba kebolehan OS ini. Bagi pemilik iPhone, Apple akan memberikan update OS ini secara gratis. Sedangkan bagi pemilik iPod Touch harus membayar sebesar USD 9.95 untuk dapat melakukan update.

Beberapa feature unggulan pada OS versi 3.0 Beta ini :

Feature Cut, Copy, Paste
Fungsi cut, copy dan paste memang merupakan suatu fungsi dasar yang harus dimiliki oleh setiap smartphone. Setelah mendengar begitu banyak masukan tentang kebutuhan dasar ini, Apple akhirnya menambahkan feature ini ke OS generasi terbarunya.

Caranya, user hanya perlu double-tap pada layar, kemudian akan ada kotak opsi pilihan cut, copy dan paste. Setelah itu user dapat melakukan drag kata-kata yang ingin dipindahkan (cut atau copy). Hasil drag tersebut akan di-save dalam clipboard. Pada nantinya, user dapat melakukan proses pemindahan dari clipboard tersebut.

Apple tidak membatasi feature ini hanya pada teks saja. User juga dapat menjalankan feature ini pada foto maupun pesan sms.

Feature MMS
MMS merupakan feature yang mengijinkan user untuk mengirimkan file multimedia (gambar atau suara) tanpa menggunakan layanan e-mail. Feature ini sudah banyak digunakan pada handphone berwarna sekarang ini.

Feature Systemwide Search
Sekarang user sudah dapat melakukan pencarian di keseluruhan sistem. Dengan memasukan kata kunci, user dapat melakukan pencarian ke e-mail, aplikasi, contact, dan data-data lainnya pada satu tempat.

Aplikasi Voice Memo
User sekarang dapat membuat memo menggunakan suara melalui mic yang sudah terintegrasi di iPhone. Hasil rekaman suara user dapat dikirim menggunakan MMS atau email.

Update terbaru dari iPhone OS ini juga akan dapat dinikmati oleh para pengguna iPhone di Indonesia secara cuma-cuma. "OS 3.0 akan diluncurkan sekitar Juni atau paling lambat akhir tahun ini. OS terbaru ini sangat revolusioner," kata Deputy VP Product Marketing Telkomsel Mark L Chambers, saat ditemui KOMPAS.com, di Jakarta, Sabtu (21/3) pada saat peluncuran iPhone 3G oleh Telkomsel

Sumber : http://tekno.kompas.com

0 komentar: