Wednesday, March 25, 2009

Ekonomi : Eksekutif Google Pertahankan Gaji 1 Dollar AS


Chief Executive Google Inc Eric Schmidt (53 tahun) dan Co Founder Google Larry Page (36 tahun) serta Sergey Brin (35 tahun) akan terus mempertahankan gajinya sebesar 1 dollar AS per tahun. Hal ini tetap mereka lakukan meskipun total nilai saham gabungan yang mereka miliki di perusahaan mesin pencari internet tersebut melorot hingga 26 miliar dollar AS.

Berdasarkan cek gaji yang diserahkan ke badan regulasi, ketiga eksekutif Google tersebut bersikeras mempertahankan gaji rutinan mereka sebesar 1 dollar AS sejak Google menjadi perusahaan terbuka pada 2004.

Selain itu, ketiga pimpinan Google tersebut juga tidak menerima bonus dalam bentuk apa pun atau penghargaan dalam bentuk saham seperti yang diterima oleh sekitar 20.000 karyawan Google lainnya.

Jika dilihat, Page dan Brin—yang mendirikan perusahaan di tahun 1998—sudah menjadi pemegang saham terbesar Google dengan kepemilikan sebanyak 29 juta saham.

Pembatasan gaji mereka menjadi sebesar 1 dollar AS sepertinya bukan masalah besar bagi Schmidt, Brin, dan Page hingga 2008. Hal itu disebabkan mereka sudah menjadi multimiliarder seiring dengan kepemilikan sahamnya di Google melonjak delapan kali lipat antara periode pelaksanaan initial public offering di Agustus 2004 hingga akhir 2007.

Meski ketiga orang tersebut tetap menjadi orang terkaya dunia. Namun, pada tahun lalu, mereka menderita kerugian hebat sehingga mengakibatkan kekayaan mereka melorot sebesar 25,8 miliar dollar AS atau 56 persen di 2008 seiring adanya kekhawatiran di pihak investor kalau Google akan terpukul hebat akibat resesi ekonomi.

Namun, ketakutan investor tidak terbukti. Google ternyata mampu bertahan lebih baik. Pendapatan Google berhasil mengalami kenaikan 38 persen menjadi 21,8 miliar dollar AS. Namun, harga sahamnya masih melorot dari 691,48 dollar AS pada akhir 2007 menjadi 307,65 dollar AS pada akhir tahun lalu

sumber : http://bisniskeuangan.kompas.com
sumber gambar : http://i.zdnet.com/blogs/time-cover-google.jpg

0 komentar: