Wednesday, February 25, 2009

Olahraga : BTN Akhirnya Dukung Kedatangan Irfan Bachdim & Sergio Van Dijk


Badan Tim Nasional (BTN) menyampaikan dukungannya untuk mendatangkan Irfan Bachdim dan Sergio van Dijk dalam rangka ujicoba Indonesia melawan Selandia Baru dan Manchester United. Bahkan, Ketua BTN Rahim Soekasah mendesak PSSI untuk segera menindaklanjuti kehadiran dua pemain keturunan Indonesia tersebut.

Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PSSI Rahim Soekasah akhirnya menyatakan mendukung kedatangan dua pemain keturunan Indonesia-Belanda, Irfan Bachdim yang saat ini merumput di Liga Belanda bersama FC Utrecht, dan Sergio Van Dijk, pemain Queensland Roar, divisi utama Liga Australia.

Pernyataan mendukung tersebut disampaikan Rahim saat melakukan pembicaraan dengan pemimpin redaksi GOAL.com Indonesia Bima Prameswara Said, di ruang rapatnya di Graha Kapital, Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (19/2) siang.

"Sebenarnya dari dulu saya mencari pemain-pemain keturunan Indonesia untuk membela timnas kita, tapi masalahnya selalu terkait keimigrasian. Mereka memegang paspor Belanda, tapi mereka tidak rela melepas kewarganegaraan Belanda untuk menjadi WNI," katanya.

"Jumlah pemain keturunan di Eropa banyak. Semuanya ingin memperkuat timnas, tapi tak satu pun mau mengorbankan status social security mereka di sana, karena justru merugikan hak-hak mereka."

Masih kata Rahim, pihaknya juga tidak bisa 'diam-diam' mengurus paspor Indonesia bagi semua pemain keturunan, karena pihak keimigrasian sudah pasti tidak mungkin memberikannya, kecuali mereka melepaskan status kewarganegaraan Belanda terlebih dulu.

"Di sana boleh dual citizenship, tapi di sini kan tidak mengizinkan. Untuk kasus Irfan tidak masalah, karena dia sudah memegang paspor Indonesia," imbuhnya.

"Saya sendiri pernah ke Belanda dan menyaksikan Irfan bermain, tapi kualitasnya waktu itu masih buruk, jauh di bawah kualitas pemain lainnya di timnas U-23. Setiap kali saya ke Belanda, saya tak pernah melihat dia dalam susunan pemain pertandingan FC Utrecht, dan saya tahu dia baru sekali main di tim senior mereka, itu pun diturunkan dari bangku cadangan. Mudah-mudahan kali ini ada peningkatan. Siapa tahu di waktu mendatang permainannya semakin baik," bebernya.

Lebih lanjut ia menambahkan, untuk menjawab rasa penasaran masyarakat, baik Irfan maupun Sergio bisa diundang ke Jakarta dalam dua ujicoba mendatang. Yakni melawan Manchester United [24 Juli], agar penonton terhibur. Sebelumnya [pada 1 April], akan lebih baik lagi jika mereka bisa ikut melawan Selandia Baru

"Mereka bisa dipasang untuk entertainment dulu, setelah itu kalau permainannya oke, baru dipertimbangkan untuk menjadi pemain timnas," katanya.

Rahim juga mengakui, dukungan dari BTN untuk Irfan dan Sergio sudah disampaikan ke PSSI.

"Tinggal PSSI yang mengurus kedatangan mereka ke sini," tandasnya.

Sumber : www.goal.com
Sumber gambar : http://i.media.goal.com/g/43139_news.jpg

2 komentar:

Anonymous said...

Mantap neh, semoga aja kedatangan mereka berdua timnas kita lebih bertaji di masa2 mendatang

mrblankx said...

amin... kalo bisa sih di masa mendatang bisa jadi juara di event - event internasional