Saturday, February 07, 2009

IT : Bocah 9 Tahun Ciptakan Aplikasi iPhone


kebanyakan anak sebayanya masih menggambari kertas dengan krayon, bocah berusia 9 tahun bernama Lim Ding Wen dari Singapura "menggambar" di kanvas yang sangat berbeda, yaitu iPhone miliknya.

Lim yang murid kelas empat SD itu menciptakan aplikasi di telepon genggam populer iPhone produk Apple.

Program aplikasi terakhirnya, sebuah program menggambar bernama Doodle Kids, telah diunduh lebih dari 4.000 kali dari aplikasi iTunes keluaran Apple dalam dua minggu terakhir. Demikian laporan The New Paper, Kamis (5/2).

Program ini membuat para pengguna iPhone menggambar lewat jari tangannya dengan menyentuh layar sentuh iPhone untuk kemudian membersihkan layar itu dengan mengguncangkan telepon.

"Aku menulis program itu untuk adik bungsu perempuanku yang suka menggambar," kata Lim yang mempunyai dua adik perempuan masing-masing berumur 3 dan 5 tahun.

Lim yang menguasai enam bahasa pemrograman mulai menggunakan komputer pada usia 2 tahun. Sejak usia itu dia telah menyelesaikan 20 proyek pemrograman komputer.

Ayahnya, Lim Thye Chean, adalah seorang kepala bagian teknologi pada satu perusahaan teknologi informasi lokal yang juga menciptakan aplikasi-aplikasi iPhone.

"Setiap malam kami memeriksa statistik pesan e-mail ke kami (melalui iTunes) untuk mengetahui siapa yang lebih banyak mengunduh," kata Lim Thye.

Anak yang suka membaca buku pemrograman komputer ini sedang menyelesaikan aplikasi iPhone lainnya, sebuah game fiksi ilmiah bernama "Invader Wars".


Sumber : http://tekno.kompas.com
Sumber gambar : http://virtualgs.larwe.com/Virtual_GS/Lim_Ding_Wen_files/shapeimage_3.jpg

7 komentar:

Sherlockindo said...

Ah, saya nggak heran-heran amat kok membaca berita ini. Bukannya menyepelekan atau apa, tapi tahu sendiri kan kalau kemajuan teknologi saat ini memudahkan siapa saja untuk membuat berbagai macam perangkat lunak, asal ada sedikit keahlian, waktu, dan kemauan. Saya baru akan heran jika ada orang yang nggak tahu apa itu iPhone...

Anonymous said...

keren juga, anak nya siapa, makannya apa ya hehe...
god post :D

Anonymous said...

ups saking seneng nya aku salah tulis "good", jadi "god" hehe.. mohon maaf sodara2..

Anonymous said...

Di dunia sekarang ini banyak hal-hal yang aneh sering terjadi. jadi keanehan jaman sekarang bukan hal aneh lagi melainkan hal yang wajar. emang genius tuh anak, sepatunya nomor berapa yah ?

Mentari Yousof said...

saya tetap kagum..bisa saja ayahnx seorang IT man tapi anaknya hanya..seorang anak biasa n tak tertarik..mengarahkan seorang anak untuk tertarik dan fokus..bukan sesuatu yang mudah..harus telaten & perhatian. salut buat orangtuanya.

www.katobengke.com said...

wah gmana yah dengan anak indonesia..........

Anonymous said...

Waahhh coba anak Indon ya????