Thursday, January 22, 2009

Team FIFA 2008


Situs resmi FIFA merilis daftar Team of the Year 2008, yang didasari dari hasil polling pengaksesnya. Sebagai ujung tombak terpilih dua pemain terbaik saat ini, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Daftar tim tersebut dirilis FIFA.com hari Senin (19/1/2009) lalu. Tidak disebutkan berapa total jumlah suara yang terkumpulkan dari polling online tersebut.

Penjaga gawang terpilih adalah Iker Casillas. Pemain Real Madrid yang juga kapten timnas Spanyol ini meraih 46 persen suara, mengalahkan Gialuigi Buffon (15%) dan Edwin van der Sar (9%).

Di lini belakang, dua pemain berasal dari Liga Spanyol, Mereka adalah Sergio Ramos (Real Madrid) dan Carles Puyol (Barcelona). Sedangkan dua lainnya adalah John Terry (Chelsea) dan Phillip Lahm (Bayern Munich).

Disebutkan bahwa Ramos merebut posisi bek kanan hanya lewat keunggulan 366 suara dari pemain El Barca, Dani Alves. Dua bek tengah yang mendekati menyaingi Terry (28) dan Puyol (25%) adalah Fabio Cannavaro (15%) dan Rio Ferdinand (22%). Sedangkan Lahm mengalahkan Patrice Evra (Manchester United) dengan persentase dua persen.

Di lapangan tengah, empat pemain terpilih adalah figur-figur yang dinilai tampil cemerlang di sepanjang tahun 2008. Mereka adalah Xavi Hernandez (Barcelona), Steven Gerrard (Liverpool), Kaka (AC Milan), dan Franck Ribery (Bayern Munich).

Untuk penyerangan, dua tempat diisi oleh Ronaldo dan Messi. Ronaldo, yang sebenarnya adalah seorang winger, adalah pemain terbaik dunia 2008, yang runner up-nya adalah Messi.



Tim 2008 FIFA.com

Kiper: Iker Casillas (Real Madrid/Spanyol)

Bek: Sergio Ramos (Real Madrid/Spanyol), John Terry (Chelsea/Inggris), Carles Puyol (Barcelona/Spanyol), Philipp Lahm (Bayern Munich/Jerman)

Gelandang: Xavi (Barcelona/Spanyol), Steven Gerrard (Liverpool/Inggris), Kaka (AC Milan/Brasil), Franck Ribery (Bayern Munich/Prancis)

Penyerang: Lionel Messi (Barcelona/Argentina), Cristiano Ronaldo (Manchester United/Portugal)


0 komentar: