Monday, January 26, 2009

Puncak Gerhana Matahari Cincin di Jakarta


Gerhana matahari perlahan-lahan mulai terlihat di Museum Puspitek Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Tampak matahari berbentuk bulan sabit muncul perlahan-lahan.

Pantauan okezone di Museum Puspitek Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Senin (26/1/2009), gerhana matahri perlahan mulai terlihat meski sesekali tertutup awan.

Sontak para pengunjung yang menyaksikan fenomena alam yang terjadi sekira 54 tahun sekali itu bersorak dan bertepuk tangan. Mereka tampak takjub menyaksikan gerhana tersebut.

Hal ini dibenarkan oleh Pakar Astronomi dari ITB Moedji Raharto. Dia mengatakan, meski Jakarta diselimuti awan tebal namun gerhana tetap bisa terlihat. "Berkaca pada pengalaman, dahulu pernah awan tebal dan hujan deras namun tetap terlihat," tuturnya.

Menurutnya, gerhana terjadi sejak pukul 15.20 WIB hingga pukul 17.50 WIB. Wilayah yang bisa terlihat jelas hingga merasakan gelap sebagai efek gerhana matahari yakni di Sumatera Selatan.

"Sedangkan yang di Jakarta ini terlihat matahari seperti sabit. Sedangkan daerah yang dilalui, puncak gelapnya selama 2-4 menit dan di Jakarta gelapnya hanya sesaat," pungkasnya

sumber : okezone

1 komentar:

mocca_chi said...

bali mah mendung, ujan lagi. jadi kaga keliatan itu gerhana padahla uda ditunggu. btw, it pto ambil ndiri ga?