Saturday, January 17, 2009

Mobil Barack Obama



Desain & Teknologi
“Cadillac kembali mendapat kehormatan untuk membuat Limosin Kepresidenan yang baru,” komentar Mark McNabb, wakil presiden direktur Cadillac/Premium Channel Amerika Utara dalam rilisnya. “Ini merupakan tradisi kebesaran Amerika. Untuk itu kami menyambut pembaruan dengan mempersembahkan fitur dan desain terbaru pada mobil Presiden Amerika ini. Mobil ini merupakan karya terbaik dari Cadillac, baik desain maupun teknologinya.”

Dijelaskan pula, limo baru ini digunakan untuk menggantikan tugas Cadillac DTS yang diluncurkan pada 2006. Mobil tersebut pertama kali digunakan G.W. Bush pada pelantikan keduanya, Januari 2005.

Desain dan teknologi yang dicangkokkan berubah secara dramatis dan dibuat sesuai dengan fungsi khususnya sebagai mobil Presiden Amerika Serikat.

Eksterior mobil ini menurut Cadillac lebih elegan dan bergaya moderen. Depannya, gril, tetap menampilkan ciri khas Cadillac, dua barisan kotak-kotak namun agak berbeda dibandingkan dengan model lainnya. Gril limo ini mirip dengan sedan sport CTS, dan Escalade.

Ciri lainnya adalah desain lampu depan dan belakang yang vertikal. Untuk kaca spion, sama dengan yang digunakan pada Cadilac untuk umum.

Ditambahkan, perubahan desain dilakukan untuk meningkatkan fungsi kendaraan sebagai alat transportasi presiden. Untuk itu, kaca samping dibuat sedikit lebih tegak dibandingkan versi sebelumnya. Tujuannya, agar lingkup penglihatan presiden bila melihat keluar makin luas. Meski begitu, dimensi dan proporsinya masih sama dengan limo sebelumnya.

Jahit Tangan
Belakang dan samping limosin ini bergaya klasik, sama dengan Cadilac STS dan sedan mewah DTS. Untuk kabin, dirancang secara khusus dan merupakan karya terbaik dari desainer dan insinyur Cadillac.

Kabin dibuat dengan gaya, selera dan teknologi moderen. Meski begitu, unsur eksklusif dan setuhan “humanis” tetap digunakan. Antara lain, trim dan jok yang dikerjakan dengan ketrampilan tangan cara jaman dulu. Kulit interior dan jok dipotong dan dijahit dengan tangan.

Berbagai aspek fungsional dipertimbangkan dan dirancang dengan cermat. Ruang penumpang belakang bergaya eksekutif dan lebih lega. “Pokoknya bisa berfungsi sebagai kantor berjalan,” beber Cadillac dalam rilisnya.

Paling Aman
Limo ini dirancang dan dikembangkan secara khusus. Begitu juga pengetesannya (sempat juga kecolongan difoto) untuk memastikan performa sesuai dengan tuganya. Tingkat keamanan ditentukan selama proses pembuatan. Khusus untuk keamanan, rahasianya dijaga superketat.

Dijelaskan, sebelum digunakan, SS dilatih mengoperasikannya, termasuk sistem komunikasinya. Dikatakan, kemampuan mobil ini memberikan perlindungan sama baiknya dengan tank. Dapat melindungi penumpangnya dari serangan granat bahkan asteroid.

Sebagai kantor berjalan, tentu saja Cadillac ini dilengkapi pula dengan sistem komunikasi yang dikode secara khusus. Dengan ini menjadikannnya sebagai mobil yang paling aman di dunia.

Bendera Amerika Serikat dipasang di fender kanan depan dan bendera kepresidenan di fender kiri depan. Untuk menerangi kedua bendera tersut digunakan lampu sorot LED dengan teknologi terkini.

The Beast
Meski Cadillac mengatakan limo ini penampilannnya lebih elegan dan moderen, beberapa media sebelumnya menjuluki sebagai “the Beast’ alias si Buruk Rupa. Penilaian tersebut didasarkan pada foto hasil ‘curian” ketika mobil ini dites dan ban yang digunakan. Ternyata ban yang diguna sama dengan truk. Publik pun mengira, Cadillac ini hasilo modifikasi dari truk.

“Presiden tidak naik truk dan tidak pula naik sedan,”jelas David Cadwell. ”Ini adalah kendaraan yang unik.” Meski begitu, bobot mobil ini diperkirakan mencapai 4,5 ton lebih. Cadwell sendiri tidak bisa menjelaskan ukuran dan tipe mesin yang digunakan. Hal ini menggambarkan, tak banyak orang yang tahu detail mobil ini. ”Kami sendiri tidak diijinkan membuka pintu,” komentarnya.

Meski begitu, dipastikan, Cadillac limo ini menggunakan kaca anti-peluru, bodi berlapis baja dan ban yang terus menggelinding kendati sudah gembos. Interior pun disekat dengan ketat untuk melindungi penumpangnya atau presiden dari serangan senjata kimia.

Di lain hal, SS yang ditugaskan mengemudikan dan memelihara mobil ini hanya berkomentar, ”Mobil ini memberikan perlindungan dengan tingkat tertinggi.”

Darrin Blackford, juru bicara SS ketika ditanya tentang kendaraan, menjawab singkat, "Kami tidak bisa mengungkapkan spesifik desain, dimensi, fitur dan performa mobil ini.” Ia pun tertawa ketika ditanyakan, apakah limo baru ini dilengkapi ‘colokan’ (interface) iPod untuk Obama. Informasi lainnya, Cadillac memproduksi paling sedikit 25 unit mobil khusus ini.


0 komentar: