Friday, January 30, 2009

Google Bakal 'Caplok' Skype


Raksasa Internet, Google dikabarkan akan membeli layanan komunikasi berteknologi P2P (peer to peer) Skype, yang saat ini dikuasai eBay. Akibat kondisi keuangan dan menurunnya yang semakin terpuruk, eBay berencana menjual Skype ke Google.

Seperti dilansir PC World, Kamis (29/1/2009) rumor tersebut semakin kencang, menyusul ketidakmampuan eBay mengelola Skype. Setelah membeli Skype senilai USD 2,6 miliar empat tahun lalu, eBay kesulitan untuk mengintegrasikan layanan telepon via internet itu dengan situs lelang miliknya.

Skype sebenarnya memiliki potensi nilai bisnis yang sangat besar karena, Skype sendiri dilaporkan meraup keuntungan sekira 26 persen pada tahun lalu.

Kendati rumor tersebut belum dapat dipastikan, tapi sepertinya Google merupakan calon pembeli yang dinilai cocok untuk mengintegrasikan layanan Skype karena memiliki layanan chatting, GChat yang sering digunakan pemilik akun e-mail. Bila Google jadi membeli Skype, maka GChat akan menjadi pemilik layanan terdepan untuk urusan chatting karena nantinya tak hanya menggunakan teks saja tapi juga video dan audio.

Skype merupakan program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer) yang dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara.

0 komentar: