Wednesday, January 14, 2009

FIFA Rilis Daftar Calon Pemain Terbaik Dunia


ZURICH - Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) akan segera mengumumkan pemain terbaik dunia 2008, Senin (12/1/2009) malam waktu setempat di Nyon, Swiss. Beberapa pemain seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Fernando Torres, Xavi Hernandez serta juara bertahan Ricardo Kaka dinilai menjadi kandidat kuat peraih penghargaan prestisius bagi setiap pemain tersebut.

Dalam penghargaan yang melibatkan suatu polling yang berasal dari pelatih serta kapten tim nasional setiap anggota FIFA tersebut, Ronaldo diprediksi bakal terpilih menjadi yang terbaik, setelah serangkaian suksesnya bersama Manchester United di sepanjang tahun 2008.

Ya, sepanjang tahun lalu winger timnas Portugal itu memang sukses menampilkan performa brilian. Ronaldo sukses mengantar The Reds Devils tampil sebagai kampiun Premier League, Liga Champions serta Piala Dunia Antarklub di Jepang.

Selain prestasinya bersama tim, secara pribadi Ronaldo juga sukses merengkuh berbagai penghargaan seperti pemain terbaik Premier League dan terakhir terpilih menjadi pemain terbaik Eropa 2008 (Ballon d'Or), demikian sebagaimana dilasir AP, Senin (12/1/2009).

Namun, kali ini CR-7 dipastikan bakal mendapat perlawanan ketat dari winger Barcelona Lionel Messi yang sejauh ini sukses mengantar El Barca tak terkalahkan di ajang La Liga dan memuncaki klasemen sementara. Selain prestasi apiknya bersama Los Azulgrana, Messi juga sukses mengantar timnas Argentina menjadi jawara di ajang Olimpiade Beijing, Agustus lalu.

Selain nama Ronaldo dan Messi, Xavi dan Torres juga patut diperhitungkan dalam penghargaan tahun ini. Pemain andalan Barcelona dan Liverpool juga sukses menampilkan apik sepanjang 2008 dengan membawa timnas Spanyol menjadi kampiun Euro 2008, Juni lalu.

Pemain terbaik dunia tahun lalu (2007), Kaka juga masuk dalam daftar kandidat kuat pemain terbaik 2008. Namun, playmaker AC Milan itu diprediksi bakal sulit mempertahankan gelarnya karena dianggap gagal menampilkan performa apik bersama Rossoneri, karena terus dibekap cedera.

Dalam ajang ini, Ronaldo dan Torres juga berpeluang besar menaikkan kembali pamor Premier League jika bisa terpilih menjadi pemain terbaik. Sebab, selama beberapa tahun terakhir gelar prestisius tersebut selalu diraih pemain yang berasal dari kompetisi Italia dan Spanyol.


0 komentar: