Monday, January 19, 2009

Awas, iPod Bisa Bikin Infeksi Telinga


Bagi para Ipod maniac, aq dapat info nich... dimana Keasyikan mendengar musik dari iPod atau perangkat MP3 lainnya dapat menimbulkan efek samping. Selain disinyalir bisa bikin tuli, kini ada riset yang mengemukakan pemakaian iPod dapat menyebabkan telinga jadi infeksi.

Dalam riset di India tersebut, para peneliti dari Kasturba Medical College melibatkan 50 pelajar sebagai subyek riset. Separuh pelajar rutin mendengarkan iPod via earphone dan sisanya hanya mendengarkannya sesekali saja.

Dikutip detikINET dari Times of India, Senin (19/1/2009), bakteri ditemukan berkembang di telinga dari 92 persen pemakai earphone reguler. Bakteri yang ada tumbuh secara signifikan, di antaranya bakteri Staphylococcus yang dapat menyebabkan pembengkakan di telinga

Para peneliti menerangkan, pemakaian earphone meningkatkan kelembapan di telinga sehingga menjadi ladang pertumbuhan bakteri. Selain itu, saling menukar earphone dari pengguna satu ke pengguna yang lain juga bisa menghantarkan bakteri.

"Kualitas earphone yang rendah atau pemakaian yang tidak pas mungkin menyebabkan luka di kulit yang bisa menjadi pemicu infeksi," tambah para peneliti yang mempublikasikan risetnya di Online Journal of Health and Allied Sciences tersebut.
sumber : detiknet

0 komentar: