Thursday, August 09, 2007

Onno Purbo 'Jualan' Wajan Masak


Jakarta, Wajan, bagi kebanyakan orang, adalah alat untuk memasak. Tetapi di tangan Onno Purbo, wajan bisa disulap menjadi sebuah alat telekomunikasi berkemampuan setara dengan buatan pabrik nan canggih.

"Gue akan demoin pembuatan wajanbolic," ujar Onno kepada detikINET, Kamis (9/8/2007). Wajanbolic yang dimaksud Onno adalah teknologi antena murah-meriah untuk menangkap gelombang wireless 2,4 Ghz dengan bahan dasar panci masak.
Acara demo tersebut rencananya akan disampaikan oleh Onno bersama dengan tim Air Putih esok, Jumat (10/8/2007) pukul 14.00 WIB, di Mega Glodok Kemayoran - Jakarta.

"Acara demo wajanbolic tersebut gratis, tidak dipungut biaya," tambah Onno. Ditambahkan pula olehnya, pada Sabtu (11/8/2007), akan ada demo instalasi VSAT dari tim Air Putih, yang juga gratis.

Onno pun menerangkan bahwa informasi detil tentang pengembang pertama dan teknologi wajanbolic dapat dibaca di Wiki Sejarah Internet Indonesia.


Ritech Expo 2007

Kehadiran Onno di pusat perbelanjaan kawasan bekas bandar udara tersebut dalam rangka mengisi acara Ritech Expo 2007. Acara Ritech Expo 2007 itu sendiri berlangsung sejak Rabu (8/8/2007), dengan dibuka oleh Menristek Kusmayanto Kadiman, dan akan usai pada Minggu (12/8/2007).
Onno pun menyarankan bagi yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang demo instalasi wajanbolic maupun VSAT tersebut, dapat langsung ke stand Yayasan Air Putih pada ajang Ritech Expo 2007 tersebut, di lantai 3, stand nomor 43A.

Ritech Expo 2007 diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas). Dengan mengusung tema 'Ajang Kreativitas Tanpa Batas, Ritech Expo 2007 memposisikan dirinya sekaligus sebagai Open Source Expo terbesar di Indonesia.

Sejumlah penggiat, pelaku bisnis maupun aneka produk berbasis open source menggelar berbagai hasil pemikiran dan karya mereka. "Di sini kita bisa saling bertukar pikiran tentang aspek kewirausahaan dalam dunia open source," ujar Romi Satria Wahono, seorang pengguna Internet.

Romi, yang juga pengelola situs IlmuKomputer.com ketika dijumpai oleh detikINET di standnya, menegaskan "jangan sampai teman-teman stake holder open source lebih paham aspek teknisnya ketimbang bisnisnya. Harus berimbang."

Pada Ritech Expo 2007, turut dipamerkan berbagai macam teknologi dalam naungan Kementerian Riset dan Teknologi. Dari teknologi pangan dan pupuk hingga teknologi senjata dan peringatan Tsunami
sumber detiknet.com

0 komentar: